DAYA TARIK BAURAN PROMOSI UNTUK PRODUK TABUNGAN PLUS BNI 1946 (ANALISIS KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK BNI CABANG SEMARANG)

- Kusmuriyanto(1), S Martono(2),




(1) 
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah daya tarikiklan, promosi, personal selling dan publisitas berpengaruh terhadapperilaku penabung dalam menetapkan keputusan menabung padaBNI 1946 Cabang Semarang?dan faktor manakah diantara iklan,promosi, personal selling dan publisitas yang mempunyai pengaruhpaling dominan terhadap perilaku penabung dalam menetapkankeputusan menabung pada BN11946 Cabang SemarangHasil penelitian menunjukkan bahwa Keputusan menabung padaTaplus BNI secara bersama-sama dipengaruhi oleh daya tarikbauran promosi (iklan, promosi penjualan, personal selling, danpublisitas), pada taraf signifikansi 5 % dengan Fratio sebesar117,488 serta nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,8952.Sedangkan variabe! iklan mempunyai pengaruh dominan terhadapkeputusan menabung pada Taplus BNI, dengan thitung yang palingtinggi diantara thitung variabel lain yaitu sebesar 5,407 dan nilaikoefisien determinasi partial (r2) sebesar 0,3471.Iklan yangmerupakan bagian dari bauran promosi dilaksanakan secaraterencana dan teratur baik melalui media massa elektronik maupuncetak, sehingga pemirsa/pembaca dapat lebih sering imemperolehinformasi tentang Taplus. Iklan yang disajikan (dengan thema undianberhadiah) menarik dan pesan isi iklan mudah dipahamipemirsa/pembaca Kegiatan personal selling tidak semata-matapetugas penjualan yang mendatangi nasabah (door to door), namunsemua petugas yang meiayani nasabah. Secara umum penampilan,kecepatan, keramahan petugas dalam meiayani nasabah cukupbaik. Kegiatan publisitas (brosur dan selebaran) dilakukan olehTaplus BN! masih dapat ditingkatkan, misalnya dengan mengirimkanbrosur/seiebaran bersamaan dengan pengiriman salinan rekeningkoran kepada nasabah.Keputusan menabung pada taplus BNIsecara umum sudah sesuai dengan harapan/keinginan penabung,namun demikian penabung relatif kurang teliti dalam mengevaluasiinformasi.

Kata kunci: Bauran promosi, Produk tabungan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.