PENGARUH SIKAP KONSUMEN MENGENAI STRATEGI PEMASARAN PASAR SWALAYAN TERHADAP POLA PERILAKU PEMBELIAN

Achmad Slamet(1),




(1) 

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh sikapkonsumen mengenai strategi pemasaran pasar swalayan terhadappenentuan pola perilaku pembeliannya. Data diperoleh dari 120responden yang dipilih melalui sampel acak sederhana dan diolahdengan analisa regresi atas variabel-variabel yang diteliti.Berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh dapat disimpulkanbahwa semakin positip sikap konsumen mengenai strategipemasaran pedagang eceran pasar swalayan akan mengakibatkanterjadinya keterikatan konsumen pada tempat pembelanjaan pasarswalayan semakin menguat. Begitu juga berlaku sebaliknya semakinnegatif sikap konsumen mengenai strategi pemasaran pasarswalayan akan melemahkan keterikatan konsumen pada tempatpembelanjaan pasar swalayan. Berdasar pada kesimpulan diperolehadanya kelemahan-kelemahan mendasar pada strategi pemasaranpedagang eceran pasar swalayan, perlu adanya pembenahan yangberkaitan dengan strategi pemasarannya yang menyangkut kualitaskeragaman barang, kecakapan personel penjualan, sistempelayanan agar diberikan adanya kemudahan dalam penukaranbarang, serta kemudahan penggunaan kartu kredit untukpembayaran.

Kata Kunci : Sikap Konsumen, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.