ANALISIS PERILAKU PENABUNG DI BANK BRI CABANG SEMARANG SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN

S Martono(1),




(1) 

Abstract

Masalah yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah:apakah terdapat perbedaan motif menabung, sikap penabungterhadap atribut tabungan dan keputusan pemilihan tabunganberdasarkan tingkat pendapatan dan usia. Sedangkan tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaanmotif menabung, sikap penabung terhadap atribut tabungan sertakeputusan pemilihan tabungan berdasarkan tingkat pendapatan danusia.Populasi penelitian ini adalah penabung di BRI CabangSemarang dan penentuan sampel diambil secara multistage randomsampling dengan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 160 orang.Variabel penelitian mencakup (1) motif menabung, (2) sikappenabung terhadap atribut tabungan, (3) keputusan memilihtabungan. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancarauntuk data primer dan dokumentasi untuk data sekunder. Analisisyang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Chi-Square(-2).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaanmotif dalam menabung bagi penabung yang berbeda tingkatpendapatannya, hasil perhitungan -2 (55,510) lebih besar dari -2tabel. Penabung yang berpendapatan rendah cenderung bermotifkeberuntungan, penabung berpendapatan sedang cenderungbermotif ekonomis dan penabung berpendapatan tinggi cenderungbermotif keamanan. Dari segi usia, terdapat perbedaan yangsignifikan dimana -2 = 45,050 lebih besar dari -2 tabel = 7,814.Penabung yang berusia muda cenderung bermotif keberuntungansedangkan penabung usia tua cenderung bermotif keamanan. Sikappenabung terhadap atribut tabungan dan keputusan dalam memilihtabungan terbukti ada perbedaan. Penabung yang berpendapatanrendah bersikap positif terhadap atribut keberuntungan dankeputusan dalam pemilihan tabungan sesuai dengan motif yangdiharapkan. Penabung yang perbendapatan sedang bersikap positifterhadap atribut ekonomis dan keputusan dalam memilih tabungansesuai dengan atribut ekonomis. Penabung yang brpendapatantinggi bersikap positif terhadap atribut keamanan dan keputusandalam memilih tabungan sesuai dengan motif keamanan.Dari hasil penelitian ini disarankan agar pihak BRI mampumengembangkan tingkat pelayanan yang lebih baik dan lebih cepat,termasuk didalamnya penyampaian secara aktif informasi danpromosi tentang produk tabungan. Selain itu perlu juga dipikirkanpenambahan jumlah ATM yang sampai saat ini dirasakan olehpenabung masih relatif sedikit.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Perilaku Penabung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.