PENERAPAN BALANCE SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR KINERJA PADA KPRI DI JAWA TENGAH

Sukardi Ikhsan(1),


(1) Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung C6, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50229

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan penilaian kinerja berdasarkan balanced scorecard pada badan usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia di Jawa Tengah, mengidentifikasi kinerja secara keseluruhan badan usaha Koperasi Pegawai Republik Indonesia di Jawa Tengah berdasarkan perspektif balanced scorecard. Responden yang yang digunakan adalah pengurus dan pengawas pada 74 KPRI di 30 Kabupaten di Jawa Tengah. Hasil penelitian ini adalah perbaikan terhadap kegiatan manajemen difokuskan pada indikator-indikator baik dalam indikator hasil akhir maupun indikator proses (leading) yang memiliki gap-gap besar antara kinerja aktual dengan standar yang telah ditetapkan. Analisis BSC memberikan sebuah perspektif yang lebih luas bagi KPRI berhubungan dengan posisi persaingannya maupun kebijakan-kebijakan serta keputusan-keputusan  strategis yang akan diambil.

 

Abstract

The objective of study is for applying the performance assesment, based on balanced scorecard in Koperasi Pegawai Republik Indonesia, Central Java and for identifying the whole performance of Koperasi Pegawai Republik Indonesia in Central Java, based on the perspective of balanced scorecard. The respondents are the staff and the supervisor in 74 KPRI in 30 Kabupatens, Central Java. The findings shows that the reparation on management activities focuses on both leading indicator and product indicator. They have great gaps between actual performance and given standard. The BSC analysis gives a wider perspective, relates to the competition position, the policies and strategic decisions  for KPRI.

Keywords: balanced scorecard; KPRI; performance assesment

Keywords

balanced scorecard; KPRI; performance assesment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Dinamika Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License