KEEFEKTIVAN MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PILAR KONSERVASI BUDAYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Tri Joko Raharjo, Achmad Rifai, Tri Suminar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pendidikan karakter pilar konservasi nilai budaya melalui strategi pembelajaran inkuiri sosial bagi mahasiswa dan mengetahui keefektivan implementasi strategi pembelajaran inkuiri sosial dalam mengembangkan karakter pilar konservasi nilai budaya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FIP Unnes. Metode penelitian ini didesain dengan penelitian tindakan melalui pendekatan kualitatif. Pengunpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Keabsahan data dengan keterpercayaan kejujuran, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, dan keterpahaman. Analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan manajemen penerapan strategi pembelajaran inquiri diawali dengan mengkondisikan iklim pembelajaran yang terbuka, interaksi antara mahasiswa dengan dosen yang transparan dan akrab. Penyiapan peralatan dan mengorganisasi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil. Orientasi masalah dilakukan dengan mengeksplorasi fenomena sosial melalui internet dan pengamatan fenomena aktual yang kini terjadi. Pendidik sebagai motivator, fasilitator dan pembimbing dalam aktivitas mahasiswa untuk membuktikan hipotesis. Strategi inquiri sangat efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menalar, berpikir ilmiah dengan kejujuran, kerjasama dengan teman dan bertanggung jawab.

Keywords


Manajemen Pendidikan Karakter, Pembelajaran Inkuiri Sosial.

Full Text:

PDF

References


Arjanggi, Ruseno. 2012. Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami tahun 2012. Publikasi Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Diunduh www.publikasiilmiah.ums.ac.id pada tanggal 20 Maret 2013.

Gede Raka. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah Dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: PT Gramedia.

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum. 2011. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Mutiah, Siti. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri Dharma Pendidikan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Universitas Riau Pekan Baru.

Ndjoeroemana, Yohana. 2012. Pengembangan Model Inkuiri Sosial yang Dimodifikasi pada Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kristen Wirawacana Sumba NTT. Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1 No. 2 (2012). ISSN 2301-6744. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sulistyarini. 2010. Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol. 8 No. 1 (2010). ISSN 1693-5055. Edukasi Press FKIP Untan Pontianak Kalimantan Barat.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana UPI dengan PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanto. 2011. Pendidikan Karakter untuk Membangun Bangsa. Policy Brief. Edisi 4 Juli 2011. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemdiknas.

Triatmanto. 2010. Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Journal Cakrawala Pendidikan. Vol. 1. No. 3 (2010). ISSN: 0216-1370. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia DIY bekerjasama dengan LPM Universitas Negeri Yogyakarta.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zamroni. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Zuchdi, D. Zuhdan, K. Muhsinatun, S. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. (Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana). PPS Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15294/jne.v1i1.3980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting