PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA (Studi Empiris di Kelurahan Tingkir Lor Kota Salatiga)

Noviasti Nurlaely Farecha, Ilyas Ilyas

Abstract


Pendidikan informal merupakan pendidikan yang utama karena diselenggarakan dalam keluarga dimana dalam penyelenggaraannya sangat mendukung untuk mengajarkan mengenai nilai-nilai kewirausahaan sejak dini pada anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara pengenalan, pemahaman, penerapan, dan penilaian mengenai nilai-nilai kewirausahan pada anak pemilik home industri di Kelurahan Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 2 pemilik usaha home industri dan 3 anak dari pemilik home industry juga informan dari karyawan tersebut dan warga sekitar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkanproses pengenalan nilai-nilai kewirausahaan pada kedua home industri dari sejak kecil anak sudah mulai dikenalkan mengenai proses produksi, pemasaran, dan manajemen. Pemahaman anak mengenai nilai-nilai kewirausahaan terlihat dari proses interaksi yang ditimbulkan oleh anak pada orangtua. Penerapan nilai kewirausahaan dilakukan oleh anak dalam kehidupannya sehari-hari. Penilaian dilihat dari perilaku yang ditimbulkan anak setelah menerima pengenalan nilai-nilai kewirausahaan dari orangtua.


Keywords


Pendidikan Kewirausahaan, Keluarga, Pendidikan Informal.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Nasution, Noer & Suef. 2007. Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Rifai, Achmad & Anni, Catharina Tri. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : Unnes Press.

Siswanto. 2012. Bimbingan Sosial Warga Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Suryana. 2006. KEWIRAUSAHAAN Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Non Formal Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, & Pemberdayaan Masyarakat. Semarang: Unnes Press.




DOI: https://doi.org/10.15294/jne.v1i1.3984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting