MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN MELALUI PERMAINAN ESTAFET BOLA DI LINGKUNGAN PERSAWAHAN

Oktarina Yoga Jati Kusuma

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk untuk menghasilkan model pembelajaran Atletik melalui permainan Estafet bola bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Genjahan dalam pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa. Metode berbentuk penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 82,00% dengan baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase 73,33% dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 86,59% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan estafet bola efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.

The purpose of this research is to produce a learning model for track and field through relay game ball for 4 th of SD Negeri 01 Genjahan in penjasorkes learning so as to develop various aspects of learning and increase student physical activity.The method of this research is the development of research. The analysis procedure includes product development product that will be developed, developing initial products, expert validation and revision, testing and revision of the small group, large group testing and final product. The data was collected using field observations and questionnaires were obtained from expert evaluation and the results of the questionnaire by the students. The data analysis technique used is descriptive percentages. From the test results obtained by the expert average percentage results of the analysis of the product by 82.00%. Therefore, it can be used to test small groups. Data results of the student questionnaire on a small test group gained an average of 73.33% the percentage of answers with the good category. And questionnaire data from a large group of students test answers obtained with the percentage of 86.59% with a very good category. Based on research data, it was concluded that the game ball relay so that it can be used effectively in learning penjasorkes. Penjasorkes expected for teachers in primary schools can use this game as an alternative model of learning, especially in learning


Keywords


Games; Relay; Balance

Full Text:

PDF

References


Agus Salim . 2008. Buku Pintar Bola Basket. Bandung: Nuansa.

Soegiyanto dan Sudjarwo.1993 .Perkembangan dan Belajar Gerak.Jakarta : Depdikbud

Setyosari Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soemitro. 1991. Permainan Kecil. Jakarta: Depdikbud.

Soetoto Pontjopoetro. 2008. Permaianan Anak Tradisional dan Aktivitas Ritmik. Jakarta:Universitas Terbuka.

Sukintaka. 1992. Teori Bermain Untuk D2 PGSD Pendidikan Jasmani. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.15294/jpehs.v1i2.3207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.