Bintang Skala Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Konversi Suhu

Murtiani Yusro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal konversi suhu siswa kelas VIID SMP 2 Undaan Kudus melalui bintang skala. Bintang skala adalah gambar bintang yang didalamnya terdapat perbandingan skala masing-masing thermometer. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sumber data diperoleh dari peneliti, kolaborator, siswa dan dokumentasi terkait. Teknik pengumpulan data melalui tes, obervasi, wawancara dan angket, sementara alat yang dipakai adalah lembar evaluasi, lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar angket. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata skor ketercapaian aktivitas dan rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini disimpulkan bahwa bintang skala dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal konversi suhu.

This study aims to improve the ability to solve the problem of temperature conversion of students of class VIID SMP 2 Undaan Kudus through star scale. Star scale is a star image in which there is a scale comparison of each thermometer. The data taken in this study is student activity and student learning outcomes. Data sources were obtained from researchers, collaborators, students and related documentation. Techniques of collecting data through tests, observations, interviews and questionnaires, while the tools used are evaluation sheets, observation sheets, interview guides and questionnaires. The results of this study obtained the average score of achievement of activity and the average value of student learning outcomes increased. This study concluded that star scale can improve the ability to solve the problem of temperature conversion.

Keywords

Problem solving skill; Temperature conversion; star scale

Full Text:

PDF

References

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media

Group.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2009. Mendesain Model Penbelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Prenada

Media Group.


View Counter: Abstract - 476 and PDF - 919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.