Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Kubus dan Balok Melalui Model Contextual Teaching and Learning Metode Demonstrasi Berbantuan LKS

Annisa Puji Susanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan langkah-langkah pembelajaran, peningkatan keaktifan belajar, peningkatan hasil belajar, dan persentase peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika. Subjek dalam penelitian adalah: guru pengampu mata pelajaran matematika kelas VIIID SMP Negeri 2 Cepiring semester genap tahun ajaran 2017/2018; siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Cepiring semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 siswa, terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas dua pertemuan dengan tahapan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar matematika materi Kubus dan Balok siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Cepiring semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan model Contextual Teaching and Learning metode demonstrasi berbantuan LKS mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF

References

Aqib, Z. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Bagi. Bandung: Yrama Widya

----, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

---- (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Arikunto, S., dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.

Daryanto & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar: Bekal Ketrampilan Dasar bagi Guru. Bandung: Yrama Widya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Iru, L. dan La Ode, S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Iswanto. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas VIIIA Semester II MTs Miftahul Khoirot Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang: UIN Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5328

Johnson, E.B. (2014). Contextual Teaching and Learning-Menjadikan kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Nugraheni, T.H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa melalui Penggunaan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Kubus dan Balok untuk Kelas VIIIA di SMPN 1 Kasihan Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/7149

Nugroho, H., dkk. (2009). Matematika SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Putra, S.R. (2013) Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Rahmah, T. (2014). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Jungpasri Demak. Skripsi. Demak: Universitas Muria Kudus

Riyanto, Y (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sagala, S (2010). Supervisi Pembelajaran: dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sholihah, T.M. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga 3 SMK N 6 Yogyakart melalui Penerapan Metode Pembelajaran Examples Non Examples pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/30695

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


View Counter: Abstract - 20 and PDF - 17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.