Archives

2023

Vol 9, No 1 (2023): JPK, Jurnal Profesi Keguruan

JPK volume 9 Nomor 1 mengangkat tema  Pembelajaran Berkualitas Menjawab Tantangan Global. Tema tersebut dipilih karena fenomena sosial mengharuskan para guru semakin cerdas dan inovatif dalam mengajar peserta didik agar menghasilkan generasi yang berkualitas menghadapi tantangan global.


2022

Vol 8, No 2 (2022): JPK, Jurnal Profesi Keguruan

Implikasi perubahan kurikulum adalah perlunya penyesuaian, baik secara administratif maupun strategi dalam pembelajaran. Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan pembelajaran, Modul Ajar, dan Pembelajaran berdiferensiasi, dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan  istilah baru yang bukan hanya dipahami, tapi juga harus diimplementasikan di dalam kelas inspiratif para guru.

JPK volume 8 Nomor 2 mengangkat tema  “Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Tidak bermaksud mengekor, tema tersebut merupakan dukungan bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan agar bersama-sama memahami filosofi pendidikan yang digagas tokoh pendidikan kita, yaitu Ing Ngarsa sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani

Vol 8, No 1 (2022): JPK, Jurnal Profesi Keguruan

JPK volume 8 Nomor 1 mengangkat tema  Endemi, Transisi, dan Akselerasi Inovasi Pembelajaran” merupakan tantangan terbuka yang dinyalakan oleh tim redaksi kepada guru, dosen, kepala sekolah, pengawas pendidikan, dan stakeholder pendidikan lain agar tidak mematikan nyala inovasi di bidang pembelajaran. Semoga akselerasi inovasi pembelajaran yang dinyalakan stakeholder pendidikan terus terjaga terangnya, dan JPK menjadi bagian utama dari nyala akselerasi inovasi tersebut.


2021

Vol 7, No 2 (2021): JPK, Jurnal Profesi Keguruan

Adaptasi menghadirkan inovasi di kalangan guru, kepala sekolah, pengawas, dosen, dan stakeholder di bidang pendidikan. Beragam upaya dilakukan pihak sekolah dan guru untuk tetap melaksanakan pembelajaran melaksanakan kondisi lingkungan setempat. Istilah daring, luring, hibrid, sinkronus, asinkronus, learning management system (LMS), aplikasi pembelajaran, guru kunjung, ujian berbasis komputer, dan dunia digital menjadi istilah familiar yang menunjukkan bahwa adaptasi masyarakat menghadapi tantangan semakin lentur dan kuat.

JPK volume 7 Nomor 2 mengangkat tema  Adaptasi dan Inovasi Pembelajaransebagai penegasan bahwa kekuatan utama guru dan stakeholder pendidikan adalah inovasi yang menghadirkan inovasi di bidang pendidikan untuk tetap konsisten memberikan layanan pendidikan secara optimal.

Vol 7, No 1 (2021): JPK, Jurnal Profesi Keguruan

JPK volume 7 Nomor 1 mengangkat tema  “Pandemi, dan Tantangan Inovasi Pendidikan†sebagai pengingat bahwa inovasi adalah jawaban sekaligus wujud adaptasi masyarakat di bidang pendidikan. Ragam artikel yang memaparkan inovasi guru dan dosen dalam melaksanakan pembelajaran merupakan penegasan bahwa pandemi boleh saja membatasi aktivitas masyarakat, tapi tidak bisa membatasi inovasi di bidang pendidikan.


2020

Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Profesi Keguruan

Banyak artikel masuk yang diterima redaksi yang mencerminkan keragaman ide dan praktik pembelajaran yang telah dilaksanakan pada satuan pendidikan masing-masing, baik oleh dosen, pengawas sekolah, guru, dan mahasiswa. Melalui berbagai pertimbangan, tim redaksi menyajikan artikel yang mewakili ragam profesi keguruan tersebut untuk dibaca, dikritisi, dan dipraktikkan di tempat lain. Secara khusus tim redaksi memberi apresiasi kepada La Sumai, Pengawas SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara yang menyumbang pengalamannya melalui artikel yang berjudul “Penerapan Metode Diskusi MGMP Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar’ Semoga guru-guru lebih termotivasi dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Profesi Keguruan

JPK, Jurnal Profesi Keguruan, edisi Mei 2020 volume 6 nomor 1 diterbitkan dalam situasi yang sangat berbeda, karena kita sedang diuji dengan pandemi Covid-19 yang menuntut kesadaran, ketangguhan, dan solidaritas kita sebagai bangsa dan negara. Situasi tersebut merupakan tantangan bagi dunia pendidikan untuk berinovasi dan berkarya dalam memberikan  layanan pendidikan kepada seluruh anak bangsa agar hak-hak mereka tetap terlayani dengan baik


2019

Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Profesi Keguruan

18 Naskah yang diterbitkan kali ini sangat beragam. Ada yang berupa penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan sekolah, pengembangan model, kuantitatif eksperiman, dan bahkan best practices. Namun semua artikel menuju ke satu tujuan, yaitu peningkatan kualitas pendidikan.

Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Profesi Keguruan

17 Naskah PTK, PTS, dan Inovasi yang dilakukan oleh Guru, Dosen di lingkungan Jawa Tengah dan sekitarnya. Ada beberapa naskah yahg ditulis dalam bahasa Inggris, dan hal ini menunjukkan keragaman kualitas akdemik naskah yang masuk ke JPK. Peningkatan kualitas ini akan mendorong editor untuk meningkatkan peringkat Sinta


2018

Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Profesi Keguruan

JPK, Jurnal Profesi Keguruan, edisi November 2018 volume 4 nomor 2 telah diterbitkan dengan memuat 12 artikel hasil karya Guru, Mahassiswa, dan Dosen. JPK bertransformasi dari fokus melayani Guru, menjadi fokus kepada pengembangan kualitas Guru. Pada akhirnya, edisi ini melibatkan Dosen sebagai salah satu unsur pengembang kualitas Guru di Indonesia. Edisi ini menerbitkan artikel hasil dari beberapa jenis penelitian. Penelitian bertema karakter dan membudayakan dialeg bahasa Timor dalam kehidupan, ada dalam JPK volume ini. Pengembangan media, hingga media pembelajaran yang kreatif juga tersaji dalam beberapa naskah terbitan November.

Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Profesi Keguruan

Edisi ini menerbitkan artikel hasil dari beberapa jenis penelitian. Penelitian pengembangan dapat dilihat pada karya Firman et al, M. Zammi et al, Haryani et al, dan Farda. Jenis penelitian studi pustaka dapat juga dilihat pada karya Miswati. Penelitian lainnya adalah penelitian kuantitatif eksperiman dengan tujuan mengetahui efektifitas penggunaan media atau model pembelajaran. Jika dilihat dari asal daerah, Vol. 4(1) berisi penulis yang daerahnya tersebar hamper di seluruh Jawa Tengah. Dengan tren yang semakin baik, semoga JPK mampu memberi pelayanan kepada seluruh Guru, Mahasiswa, dan Dosen sebagai tempat publikasi.




1 - 19 of 19 Items