Pengembangan Aplikasi Android Bimbingan Skripsi dengan Fitur Notifikasi

Muhammad Zaky Faried(1), Anggraini Mulwinda(2), Yohanes Primadiyono(3),


(1) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

SITEDI merupakan website informasi milik UNNES yang digunakan untuk mengelola bimbingan skripsi, tesis, disertasi, dan penilaiannya. SITEDI berbentuk website sehingga tidak dapat memberikan notifikasi perubahan informasi kepada penggunanya secara langsung, sehingga proses validasi bimbingan skripsi akan melalui alur yang lama, dimana jumlah bimbingan skripsi termasuk dalam syarat mendaftar ujian skripsi. Proses validasi yangSITEDI merupakan website informasi milik UNNES yang digunakan untuk mengelola bimbingan skripsi, tesis, disertasi, dan penilaiannya. SITEDI berbentuk website sehingga tidak dapat memberikan notifikasi perubahan informasi kepada penggunanya secara langsung, sehingga proses validasi bimbingan skripsi akan melalui alur yang lama, dimana jumlah bimbingan skripsi termasuk dalam syarat mendaftar ujian skripsi. Proses validasi yang lama dapat memperlambat proses study mahasiswa. Di sisi lain sistem operasi Android memiliki plugin untuk mengoptimalkan kinerjanya, salah satunya adalah Fire Cloud      Messaging (FCM) yang memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima notifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Android Bimbingan Skripsi dengan FCM sehingga dapat memberikan kemudahan pengguna. Pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall dan pengujian sistem dilakukan dengan dua tahap yaitu black box testing dan user experience questionnaire tools. Hasil pengujian black box testing secara fungsional aplikasi dapat bekerja sesuai ekspektasi. Hasil benchmark user experience questionnaire tools didapat nilai yang excellent atau sangat bagus. lama dapat memperlambat proses study mahasiswa. Di sisi lain sistem operasi Android memiliki plugin untuk mengoptimalkan kinerjanya, salah satunya adalah Fire Cloud Messaging (FCM) yang memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima notifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Android Bimbingan Skripsi dengan FCM sehingga dapat memberikan kemudahan pengguna. Pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall dan pengujian sistem dilakukan dengan dua tahap yaitu black box testing dan user experience questionnaire tools. Hasil pengujian black box testing secara fungsional aplikasi dapat bekerja sesuai ekspektasi. Hasil benchmark user experience questionnaire tools didapat nilai yang excellent atau sangat bagus.

Full Text:

PDF

References

Yan, Zheng. (2015) Encyclopedia of Mobile Phone Behavior [Online] Available: https://books.google.co.id/books?id=bIkfCgAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.

Pendidikan IPA. Alur Skripsi OnLine (sifat- sosialisasi). [Online] Available: http://ipa.unnes.ac.id/wp-content/uploads/2011/05/alur-skripsi-on-line.png

Celeste, Lyn Paul dan Anita K. “Interruptive Notifications in Support of Task Management”. Int. J. Human-Computer Studies, Volume 79, pp20-34, 2015.

Ramadhan, Taufik, and Victor Gayuh Utomo. "Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus: STMIK Provisi Semarang)." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 5.2: 47-55, 2014.

Iqbal, Hambali. (2017) Draft Panduan Bimbingan,Pelaksanaan Ujian dan Penilaian Skripsi Mahasiswa [Online] Available: http://www.academia.edu/23659146/DRAF_PANDUAN_BIMBINGAN_PELAKSANAAN_UJIAN_DAN_PENILAIAN_SKRIPSI_MAHASISWA

Pressman, Roger S. “Software Engineering A Practitioner's Approach Seventh Edition”. New York: Mc Graw Hill Higer Education, 2010.

Favre, Liliana, ed. UML and the Unified Process. IGI Global, 2003.

Nidhra, Srinivas dan Jagruthi Dondeti. Black box and White box Testing Techniques – A Literature Review. Internasional Journal of Embedded System and Applications (IJESA) Vol.2, No.2, 2012.

Schrepp, Martin. “Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire”. Germany: SAP AG, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.