RANCANG BANGUN SISTEM PNEUMATIS UNTUK PENGEMBANGAN MODUL-MODUL GERAK OTOMATIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Noor Hudallah(1),


(1) 

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan rancang bangun modul-modul mediapembelajaran mahasiswa berupa peralatan sehari-hari yang prinsip kerjanya mendasarkan padaprinsip gerak otomatis dari peralatan pneumatis.Peralatan pneumatis bekerja karena memanfaatkan energi/daya yang dimiliki oleh udarayang dimampatkan. Udara yang dimampatkan tersebut diarahkan untuk menghasilkan energi gerakberupa gaya “dorong’ ataupun gaya “tarikâ€. Berdasar prinsip dua gaya inilah bisa dikembangkanmenjadi berbagai macam gerakan dasar yang difungsikan menjadi gerak dari berbagai peralatansehari-hari.Modul-modul yang dibuat dengan peralatan pneumatis ini berupa: unit pengampelas kayu,sistem palang pintu kereta api serta pembuka tutup botol, yang kesemuanya bekerja secara otomatismendasarkan prinsip dasar pneumatis. Pada kenyataannya peralatan-peralatan tersebut di atasbanyak manfaatnya di masyarakat.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk rancang bangun/ pengembangan mediapembelajaran mahasiswa dengan komponen utama berupa peralatan pneumatis. Secara konkretrealisasinya dilakukan melalui karya bimbingan skripsi mahasiswa program studi Pendidikan TeknikElektro.Perencanaan hingga realisasi alat mencakup langkah-langkah: spesifikasi masalah, analisismasalah, alternatip pemecahan masalah, pemilihan pemecahan masalah, pelaksanaan pekerjaanproyek serta langkah pengujian dan evaluasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan rancang bangun modul-modul mediapembelajaran mahasiswa berupa peralatan sehari-hari yang prinsip kerjanya mendasarkan padaprinsip gerak otomatis dari peralatan pneumatis.Peralatan pneumatis bekerja karena memanfaatkan energi/daya yang dimiliki oleh udarayang dimampatkan. Udara yang dimampatkan tersebut diarahkan untuk menghasilkan energi gerakberupa gaya “dorong’ ataupun gaya “tarikâ€. Berdasar prinsip dua gaya inilah bisa dikembangkanmenjadi berbagai macam gerakan dasar yang difungsikan menjadi gerak dari berbagai peralatansehari-hari.Modul-modul yang dibuat dengan peralatan pneumatis ini berupa: unit pengampelas kayu,sistem palang pintu kereta api serta pembuka tutup botol, yang kesemuanya bekerja secara otomatismendasarkan prinsip dasar pneumatis. Pada kenyataannya peralatan-peralatan tersebut di atasbanyak manfaatnya di masyarakat.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk rancang bangun/ pengembangan mediapembelajaran mahasiswa dengan komponen utama berupa peralatan pneumatis. Secara konkretrealisasinya dilakukan melalui karya bimbingan skripsi mahasiswa program studi Pendidikan TeknikElektro.Perencanaan hingga realisasi alat mencakup langkah-langkah: spesifikasi masalah, analisismasalah, alternatip pemecahan masalah, pemilihan pemecahan masalah, pelaksanaan pekerjaanproyek serta langkah pengujian dan evaluasi.Kata kunci : Pneumatis, modul, media pembelajaran : Pneumatis, modul, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Danang Setiawan. 2004. Skripsi: Rancang Bangun Alat Pembuka Tutup Botol dengan Sistem Pneumatis untuk Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Modul Gerak Otomatis. Semarang: Teknik Elektro UNNES.Law, Averill M. dan W. David Kelton. 1991. Simulation Modeling and Analysis, Second Edition. New York: McGraw-

Hill Inc.

Ogata, Katsuhiko. 1997. Teknik Kontrol Automatik, Jilid 1 & Jilid 2-Edisi Kedua. Erlangga: Jakarta.

O'Kelly, Denis. 1991. Performance and Control of Electrical Machines. Singapore: McGraw-Hill Book Company.

Pakpahan. S. 1994. Kontrol Otomatik, Teori dan Penerapan. Jakarta: Erlangga.

Patient, Peter, Roy Pickup dan Norman Powell. 1985. Pengantar Ilmu Teknik- Pneumatika. Jakarta: PT.Gramedia.

Slamet Eko. 2004. Skripsi: Rancang Bangun Gerak Otomatis Palang Kereta Api Berbasis Sistem Pneumatis Sebagai Media Pembelajaran. Semarang: Teknik Elektro UNNES.

Yan Berliantina. 2004. Skripsi: Modul Rancang Bangun Mesin Pengampelas Kayu Berbasis Pneumatik Sebagai Media Pembelaja ran. Semarang: Teknik Elektro UNNES.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.