PERANCANGAN ALAT UKUR IMPEDANSI PEMBUMIAN

Riana Devi Hamardji Putri(1),


(1) 

Abstract

Pengukuran impedansi selama ini dilakukan secara praktis dengan mengukur tahanan resistansidan secara percobaan dengan mengukur harga tegangan puncak dan arus injeksi secara terpisah.Impedansi pembumiannya diperoleh dengan membagi harga tegangan puncak dengan arus puncaknya.Dalam penelitian ini perancangan dilakukan untuk memperoleh alat ukur impedansi pembumianyang mampu mengukur tegangan puncak, arus puncak dan impedansi pembumian dalam satu kesatuanpengukuran. Pengujian alat ukur dilakukan dilaboratorium menggunakan sumber tegangan impuls 400Vdan rangkaian-rangkaian pengganti untuk keperluan pengujian.Hasil pengujian alat ukur impedansi pembumian ini menunjukkan bahwa alat ukur telah dapatdigunakan untuk pengukuran impedansi impuls dan tahanan dc yang menggunakan rangkaian penggantidengan mengabaikan pengaruh pengkabelan. Pengujian dengan beban resistansi, induktansi sertacampuran induktansi dan resistansi menunjukkan kecenderungan bahwa semakin besar beban yangdigunakan akan memperbesar pula impedansi impuls

Kata kunci: Tegangan puncak, arus puncak, impedansi pembumian

Full Text:

PDF

References

Mazen Abdel-Salam, Hussein Anis, Ahdab El-Morshe dy, Roshdy Radwan (2000), High voltage Engineering Theory and Practice, second edition.

Fink Christiansen (1982), Electronics Engineers Handbook, second edition.

Gonos, L.F, Topalis, F.V, Stathopulos, L.A (22-27 August, 1999), Transient Impedance of Grounding Rods, High Voltage Engineering Symposium.

Gamaliel Ketaren, Parouli M.Pakpahan, B.Anggoro (13-14 Nopember 2001), Studi Perilaku Pengetanahan Driven Rod Terhadap Arus Impuls, Proceeding Seminar Nasional & Workshop Tegangan Tinggi IV, Batam, 274-279.

Moh.Ibnu Malik, Anistardi (Agustus 1999), Bereksperimen dengan Mikrokontroler, Elex Media Komputindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.