PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN UNIT PRAKTIKUM KARAKTERISTIK GENERATOR AC 1 PHASE

Henry Ananta(1), I Made Sudana(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pada pembelajaran praktikum mesin listrik, idealnya adalah mengamati alat atau benda pada ukuran/dimensi yang sebenarnya ada di dunia kerja. Pada kenyatannya sulit untuk membawa secara utuh dimensi peralatan yang ada di dunia kerja menjadi unit praktek yang sama dimensinya ke dalam laboratorium, seperti membawa generator pembangkit, motor induksi dengan daya besar, transformator daya yang biasa digunakan digardu induk, panel sinkronisasi generator dan sebagainya ke dalam laboratorium di perguruan tinggi. Kesulitan seperti ini secara prinsip tidak menjadi masalah karena karakteristik dari mesin listrik khususnya karakteristik generator ac dapat diamati dan dianalisis berdasarkan sifat dari mesin listrik dengan daya yang lebih kecil, yang ukurannya masih memungkinkan untuk dipasang di laboratorium.

Tujuan penelitian; mengembangkan dan menguji unit praktikum karakteristik generator ac yang terdiri dari generator ac sebagai unit yang diamati karakteristiknya dan motor induksi sebagai unit penggeraknya.

Hasil penelitian; telah direalisasikan unit praktikum karakteristik generator ac satu phase 1.000 Watt tegangan 220 Volt penguat medan magnit luar dengan motor induksi sebagai tenaga penggeraknya dan data hasil pengujian karakteristiknya. 

Refbacks

  • There are currently no refbacks.