Pengembangan Instrumen Penilaian Praktik Rias Pengantin Jogja Paes Ageng pada Mata Kuliah Rias Pengantin Jawa

Childa Kumala Azzahri(1), Dwi Widjanarko(2), I Made Sudana(3),


(1) Jurusan PKK Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Instrumen penilaian merupakan bagian dari suatu proses penilaian dalam pembelajaran, apa yang hendak diukur dalam pembelajaran terkait dengan ketersediaan alat ukur yang dikembangkan. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis validitas, reliabilitas, dan keefektifan instrumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D). Tahapan pada R & D yaitu 1) analisis kebutuhan; 2) rancangan produk; 3) desain dan pengembangan; 4) validasi ahli; 5) revisi produk awal; 6) uji coba terbatas; 7) revisi produk; 8) uji coba diperluas; 9) revisi dan analisis hasil uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien kappa dari Cohen dan uji keefektifan menggunakan analisis Uji normalized-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest nilainya 79 dan posttest nilainya 83 pada uji coba terbatas, sedangkan pada uji coba diperluas didapatkan hasil tidak jauh berbeda dengan uji coba terbatas yaitu pretest 0,3 dan posttest 0,4. Validitas instrumen sebesar 0,878 yang menunjukkan valid, reliabilitas instrumen sebesar 0.721 yang menunjukan ketegori baik dan keefektifan instrumen terdapat skor 0.3 yang memiliki tingkat efektivitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian praktik rias pengantin Jogja Paes Ageng baku, valid dan efektif digunakan untuk menilai penilaian praktik sesuai dengan kompetensi mata kuliah.

 

Assessment instrument is part of the assessment process in the learning process. What is to be measured in the learning process is related to the availability of the assessment instrument. The aim of the current research is to analyze validity, reliability, and the instrument effectiveness. This current research employed R&D method. The steps of R&D method: 1) needs analysis, 2) product design, 3) design and development, 4) expert validation, 5) preliminary product revision, 6) limited testing, 7) product revision, 8) expanded testing, 9) revision and analysis of the testing product. The data analysis technique in the current research employed product moment correlation, kappa coefficient for instrument reliability and normalized-gain test analysis for the effectiveness of instrument. The results of the pretest was 79, the posttest was 83 on limited testing, while the expanded test showed not difference of limited testing 0.3 for pretest, 0.4 for the posttest. Validity of instrument was 0.878 which indicates the instrument developed is valid, reliability of practice instrument was 0.721 which indicates in the good category and effectiveness of instruments was 0.3 that have moderate levels of effectiveness. This suggests that the assessment instrument of bridal Jogja Paes Ageng practice is standardized, valid and effective.

Full Text:

PDF

References

Jihad, Asep & Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lissa. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Sistem Respirasi dan Ekskresi. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana.

Muslich, Masnur. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudirtha, Gede, et al. 2014. Jurnal Pengembangan Instrumen Asesmen Mata Kuliah Praktik Tata Busana Pada Program Studi Pendidikan Tata Busana. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Supahar. 2015. “Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Penyusunan Laporan Praktikum Fisika SMP Berbasis Inkuiri”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III, 1: 23.

Syaerozi, Syaerozi, Eko Supraptono, and Sutarno Sutarno. "Penerapan Metode Pembelajaran Drill Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Mengolah Data Menggunakan Microsoft Excel 2007." Edu Komputika Journal 2.2 (2015).

Yulianti, Nurul. Nely, Andriani, Taufiq. “Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika, 153.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305