Pengembangan Lembar Kerja Praktik Analitik bagi Calon Guru SMK Otomotif

Febrian Arif Budiman(1), Soesanto Soesanto(2), Dwi Widjanarko(3),


(1) Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian yaitu menguji kevalidan, menganalisis kepraktisan, dan keefektifan dari Lembar Kerja Praktik Analitik (LKPA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan tahapan studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan desin produk, pengembangan rancangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk, dan uji coba produk skala terbatas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan dipadu dengan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan produk LKPA melalui expertjudgment dinyatakan sangat valid dari segi teknologi pendidikan dan materi kelistrikan otomotif. Kepraktisan LKPA dinyatakan praktis digunakan untuk kegiatan pembelajaran praktikum. Skor tes kemampuan analitik sistem dan starter kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol dan skor tes kedua kelompok berbeda secara signifikan. Analisis keefektifan tersebut menyatakan bahwa LKPA efektif menguatkan kemampuan praktik dan analitik praktikan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPA valid sebagai perangkat pembelajaran praktikum dan praktis digunakan untuk kegiatan praktikum, serta efektif meningkatkan kemampuan analitik, dan menguatkan kompetensi mahasiswa calon guru otomotif.

 

The purpose this study is testing the validity, analyzing the practicality and effectiveness of analytic practice worksheets (LKPA). This study uses (R&D) method up to limited scale testing products. The data analysis uses descriptive analysis and combined with t-test. The results, products that are finalized with expert judgment are very valid in terms of educational technology and automotive electrical learning material. The practical, stated it practical to be used in practical learning activities. Analytical ability test scores of ignition system and starter system in experimental group test are higher than control group and the two groups are different significantly. The effectiveness analysis, states that LKPA is effective to strengthen the practice ability and analytic ability. The concluded that LKPA is valid as the tools of practical learning and practical to be used for practicum, and also effective in improving analytic capabilities, so there is a strengthening of the competence as the teacher candidates.

Full Text:

PDF

References

Bakirci, H., Bilgin, Arzu K., Simsek A. 2011. “The Effects of Simulation Technique and Worksheets on Formal Operational Stage in Science and Technology Lessons “. Procedia Social and Behavioral Sciences 15. pp 1462–1469. www.sciencedirect.com (diunduh 22 Desember 2015).

Borg,W. R & Gall, M. D. 1989. Education Research an Introduction. New York: Longman.

Boyatzis, Richard E. 2008. Competencies in The 21st Century. Journal of Management Development. Vol. 27 No. 1. pp 5-12. www.emeraldinsight.com/0262-1711.htm (diunduh 12 Januari 2016).

Djojonegoro, Wardiman. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Jayakarta Agung Offset.

Evawani, T. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bermakna Dengan Lembar Kerja Siswa Divergen pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMP”. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Tidak diterbitkan.

Febriana, A., Ngazizah, N., Kurniawan, E S. 2013. “Pengembangan Student Worksheet Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Dinamika Rotasi Dan Keseimbangan Benda Tegar SMA Kelas XI”. Jurnal Radiasi.Vol.3.No.1. Hal 5.

Kisiel, James F. (2003). “Teacher, Museum and Worksheets: A Closer Look at a Learning Experience”. Journal of Science Teacher Education 14:3–21. www. springerlink. com (diunduh 2 Februari 2014).

Magfiroh, U., Sugianto. 2011. Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi SETS. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7. Januari 2011. Hal 6–12. www.journal.unnes.ac.id (diunduh 12 Januari 2016).

Mahmuzah, R., Ikhsan, M., Yusrizal. 2014. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan PendekatanProblem Posing”. Jurnal Dikdaktik Matematika. Vol. 1, No. 2, September 2014. Hal 43 – 53. www.jurnal.unisyah.ac.id (diunduh 12 Januari 2016).

Pardjono dan Wardaya. 2009. “Peningkatkan Kemampuan Analisis, Sintesis, dan Evaluasi Melalui Pembelajaran Problem Solving”. Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supiatun, Mulyati S., Hidayanto E. 2012. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Model Pembelajaran Grup Investigasi Pada Materi Trigonometri Kelas Xi IPA MA Muhammadiyah I Malang”. jurnal-online.um.ac.id (diunduh 23 Januari 2015).

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dari Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Triyono, M. Bruri. 2008. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Analitik Terhadap Keterampilan Pneumatik Mahasiswa Teknik Mesin UNY”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Nomor 1, Tahun XI. Hal. 13-15. journal.uny.ac.id (diunduh 12 Januari 2016).

Yahya, Muhammad. 2014. “Efektifitas Penggunaan Job Sheet Pada Pembelajaran Praktik Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif”. FT. Universitas Negeri Makasar. Jurnal Pendidkan Teknologi Kejuruan. Vol. 15. No. 1. April 2014.Hal32.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305