Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video

Atmawati Atmawati(1), Samsudi Samsudi(2), I Made Sudana(3),


(1) SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Praktek Kerja Lapangan merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilakukan di luar proses belajar mengajar di sekolah dan dilaksanakan di industri. Maka dipandang perlu dilakukan penelitian tentang keefektifan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan berbasis industri sehingga nantinya didapat sebuah rekomendasi sesuai dengan kebutuhan di industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, menganalisis pelaksanaan, mengetahui hasil dan mengetahui keefektifan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang berbasis industri yang diterapkan pada kompetensi keahlian teknik Audio Video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Perencanaan meliputi; tujuan yaitu institusi pasangan, naskah kerja sama, pembekalan, kesesuaian dengan kompetensi dan untuk kesiapan yaitu ketersedianan sarana dan prasarana, kemampuan, dan kemauan, mengendalikan emosi, kritis, menyesuaikan diri, dan berambisi untuk maju. Pelaksanaan meliputi disiplin, kerja sama, inisiatif, tanggung jawab, etika, pembimbingan dan kelengkapan dokumen. Hasilnya yaitu penguasaan ketrampilan, sertifikat,  dan perilaku budaya kerja industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan Praktek Kerja Lapangan berbasis industri kompetensi keahlian Teknik Audio Video sudah efektif serta bermanfaat demi keberhasilan program pendidikan dan pelatihan

 

Field Work Practice is a learning system that is done outside the process of teaching and learning in schools and implemented in industry. So it is deemed necessary to do research on the effectiveness of the implementation of Industrial Field Work Practice so that later obtained a recommendation in accordance with the needs in the industry. The purpose of this study is to describe the planning, analyzing the implementation, knowing the results and know the effectiveness of the implementation of Industrial Field Work Practice that is applied to the competence of audio video engineering expertise. The method used in this research is descriptive qualitative research. Planning includes; The purpose of partner institutions, cooperation scripts, briefing, compatibility with competence and for preparedness that is the availability of facilities and infrastructure, ability, and willingness, controlling emotions, critical, adjust, and ambition to move forward. Implementation includes discipline, cooperation, initiative, responsibility, ethics, guidance and completeness of documents. The result is the mastery of skills, certificates, and behavior of industrial work culture. The result of the research shows that the implementation of Industrial Field Practice based on the competence of Audio Video Technique expertise has been effective and beneficial for the success of education and training program.

Full Text:

PDF

References

Aini, Q. 2008. Konsep Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berbasis Industri Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penataan Ruang ITS.

Anggraeni, L. 2013. Pengaruh Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK II Bandung. Bandung: UPI.

Gasskov, V. 1999. Managing Vacational Training Systems. Geneva: International Labour office.

Pineda-Herrero, P. 2012. VET Efficacy: Evaluation of Factors in the Workplace Training. Spanyol.

Prosser, C. A. Q., T. H. 1950. Vocational Education in a Democracy. Chicago: American Technical Society.

Sakarinto, W. 2015. Teaching Industry : Wahana Produksi Berbasis Riset & Inovasi Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Yang Teintegritas Dengan Industri. Yogyakarta: HUMAS SV UGM Diakses 7 Desember 2016 pukul 20.44.

Triyono, M. B. 2014. The Indicators of Instructional Design for E- learning in Indonesian Vocational High Schools, 4th World Congress on Technical and Vocational Education and Training (WoCTVET), 5th–6th November 2014, Malaysia.

Wayong, A. D. C. 2013. Relevansi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Kejuruan dengan Kebutuhan Dunia Kerja, Journal International, ISSN 1907-2066.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305