Evaluasi Proses Pelaksanaan Program “Kompas Masa Depan†di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Adiwerna

Suharno Suharno(1), Kamsidjo Budi Utomo(2), Muhammad Khumaedi(3),


(1) SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi Proses Pelaksanaan Program Kompas Masa Depan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Adiwerna. Salah satu bantuan GIZ (Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenartbeit) adalah program Kompas Masa Depan. Sebagaimana kompas penunjuk arah, Kompas Masa Depan akan menuntun siswa pada perjalanan panjang menuju karir impian. Di dalamnya penuh dengan kegiatan-kegiatan yang akan membantu siswa SMK mengetahui minat dan kelebihan yang dimiliki setiap siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode  survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 1381 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan  rumus Isaac dan Michael. Sampelnya 275 siswa kelas XI terdiri dari siswa laki-laki 138 siswa dan siswa perempuan 137 siswa, yang ada pada program keahlian: Multimedia 89 siswa, Kriya Logam 56 siswa, Teknik Komputer dan jaringan 75 siswa, Kriya Tekstil 30 siswa, Kriya kayu 16 siswa. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif dan Independent Sample t- test 2 pihak. Hasil penelitian dari pengumpulan data tersebut diketahui bahwa perolehan skor evaluasi uji analisis deskriptif indikator laki-laki 72 masuk kategori tinggi, sedangkan perempuan dengan 65 masuk kategori tinggi, dan secara keseluruhan 69,49 dengan kategori tinggi juga. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan perolehan skor antara laki-laki dan perempuan. Kompas Masa Depan perlu terus dilaksanakan karena sangat membantu menyongsong masa depan siswa-siswi untuk meraih kesuksesan sesuai dengan target SMK yakni menyiapakan tenaga kerja yang siap kerja, berwirausaha dan atau melanjutkan ke perguruan tinggi.

 

The purpose of this study is to evaluate the Implementation Process of School to Work (STW) at Vocational High School of 2 Adiwerna. One of GIZ's help (Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenartbeit) is School to Work (STW). Like a compass pointer, the School to Work (STW) will guide students on a long journey to a dream career. In it is full of activities that will help SMK students to know the interests and advantages that each student has. The method used in this research using survey method which used quantitative approach. The population in this study were 1381 students. The sampling technique used the formula Isaac and Michael. The sample of 275 students of class XI consists of male students 138 students and female students 137 students, which are in the program of expertise: Multimedia 89 students, Metal Craft 56 students, Computer Engineering and network 75 students, Textile Kriya 30 students, Wooden Kriya 16 students . Data analysis using Descriptive Analysis and Independent Sample t-test 2 parties. The result of the data collecting is known that the evaluation test of descriptive analysis of male indicator 72 is in high category, while women with 65 are in high category, and 69,49 overall with high category as well. The result of t test can be concluded that there is no difference of scoring criteria between men and women. School to Work (STW) need to be continued because it is very helpful to welcome the future of students to achieve success in accordance with the target of vocational preparing the workforce ready to work, entrepreneurship and or continue to college.

Full Text:

PDF

References

Balai Pusat Statistik, 2015. No. 103/11/Th. XVIII tentang Tingkat Ketenagakerjaan Agustus 2015. Jakarta. Balai Pusat Statistik

Baudouin,R.,Bezanson, L.,Borgen,B., Goyer, L., Hiebert, B., Lalande, V., Magnusson, K., Michaud, G., Renald, C., Turcotte, M. 2007. A Draft Framework for Evaluating the Effectiveness of Career Development Interventions. Canadian Journal of Counselling / Revue canadienne de counseling. (diunduh 12 April 2017)

Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 1230c/D3.2/KU/2012 tentang Penetapan Institusi Pelaksana Program Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan (SED-TVET) Kerjasama Pemerintah Indonesia dan Jerman

Handayani, Christina S. dan Novianto, Adrian. 2004. Kuasa Wanita Jawa. Yogyakarta : Lkis.

Indrawati.2012.Gender.https://efidrew.wordpress.com/2012/04/20/gender (diunduh 14 April 2017)

Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan

Judith. et. all. 2000. The Effects of School Size and Leadership On Participation in the School-to-Work Movement. Journal of Vocational Education Research, Number 4. pp. 472-502(31) (dinduh 24 April 2017)

Khumaedi, 2012. Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin,UNNES

Mark L. Savickas. 1999. The Transition From School to Work: A Developmental Perspective. Behavioral Sciences Department, Northeastern Ohio Universities College of Medicine, 4209 ST Route 44, Rootstown, OH 44272-0095 (e-mail: [email protected] ). (diunduh 20 April 2017)

Masri Singarimbun, 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES

Paul Ryan, 2001. The School-to-Work Transition: A Cross-National Perspective: Corrigendum, Journal of Economic Literature, King’s College University of Cambridge. (diunduh 8 Nopember 2016)

Permendikbud,2014,No.111 Tentang Bimbingan dan Konseling pada pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Lembar Negara

Mariah dan Sugandi, 2012. Kesenjangan Soft Skill Lulusan SMK dengan Kebutuhan tenaga kerja di Industri. Jurnal PTK PPS UNY Yogyakarta

SED_TVET Team,2014. Kompas Masa Depan, Deutse Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Gmbh,Bonn and Eschborn,Germany

Tristanti, Yoyon Suryono, 2014,Evaluasi program Kecakapan Hidup bagi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas II A Kutoarjo. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta

Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305