Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat dengan Pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru

Budi Siswoyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menemukan model pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan kompetensi dasar mengidentifikasi sifat-sifat segiempat bagi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada kompetensi dasar di atas antara lain disebabkan materi pembelajaran yang disampaikan tidak bertahan lama dalam ingatan siswa. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru sedang objeknya adalah pendekatan STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa pada materi ini meningkat sebesar 50,38% (hasil belajar siswa meningkat sebesar 22,81) dari kondisi awal sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 28,12% (hasil belajar siswa meningkat sebesar 13,44) atau dengan kata lain tindakan yang dilakukan pada penelitian (terdiri dari 2 siklus) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 36,25 dan ketuntasan belajar sebesar 78,50%. Untuk itu peneliti merekomendasikan pada pelaksana pembelajaran (guru matematika) untuk melaksanakan pembelajaran pada materi mengidentifikasi sifat-sifat segiempat  menggunakan pendekatan STAD (Student Teams-Achievement Divisions).

Full Text:

PDF

References

Arifin, E. Zaenal. 2004. Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daniel Muijs dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi Edisi kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, H. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2006. Manajemen Berbasis Sekolah Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

--------, 2006. Pedoman Pengembangan Model-model Pembelajara. Jakarta: Dirjen PMPTK.

--------, 2008. Informasi Program Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen Manajemen Dikdasmen.

--------, 2009. Buku Saku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Endah, Sri Rahayu. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika: Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Hafsah, Mardianto. 2008. Strategi Pembelajaran. Fakultas Tarbiyah, IAIN-Sumatera Utara.

Kultsum, Siti Ummu. (2009). Pendekatan Matematika Realistik pada Konsep Bilangan Bulat, Suatu Hasil Penelitian Tindak Kelas (Class Action Research), http://www.duniaguru.com/ptk matematika (9 Mei 2010).

Nurharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Petersen, Lindy. 2004. Bagaimana Memotivasi Anak Belajar STOP and THINK learning. Jakarta: Grasindo.

Prayitno dan Belferik Manullang. 2010. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Medan: Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sujana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suriadi. 2008. Guru Profesional dan Beban Kerjanya, [Makalah], Disampaikan pada Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru Sub Rayon 31 SMP Negeri 1 Biru-biru tanggal 29 Nopember 2008 di SMP Negeri 1 Biru-biru.

Wagiyo, A. 2008. Pegangan Belajar Matematika Kelas VII SMP. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.