PENERAPAN KETERAMPILAN PENGAJARAN READING DI SMA NEGERI MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF

Abbas -(1),


(1) Program Studi Bahasa Inggris Jurusan PAI, STAIN Sorong

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh guru bahasaInggris di SMA dalam menerapkan pendekatan komunikatif pada pengajaranketerampilan membaca, khususnya masalah yang berkenaan dengan persepsi guruterhadap materi keterampilan membaca, keterampilan mereka dalam merancang satuanpelajaran dan mengembangkan materi keterampilan membaca, dan kemampuan gurudalam menyajikan materi tersebut di kelas. Penelitian ini menggunakan jenis instrumenangket untuk menjaring data terhadap persepsi guru dalam pengajaran keteramilanmembaca, dokumen ceklis untuk mengidentifikasi keterampilan guru dalam merancangsatuan pelajaran dan pengembangan materi keterampilan membaca, instrumen ceklisuntuk observasi di kelas digunakan untuk mengetahui keterampilan guru dalammenyajikan materi tersebut di kelas.Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru merupakan pengaruh dan faktorpenentu dalam pengajaran bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris akan memilikiketerampilan yang baik dalam merancang dan mengembangkan materi keterampilanmembaca, bahkan mereka akan lebih mahir menyajikan materi tersebut apabila merekamemiliki persepsi yang baik terhadap dasar-dasar keterampilan membaca.

 

This research identified the problems faced by SMU English teachers in theimplementation of communicative approach, particularly the problems in relation to theteachers' perception on reading skills teaching, their skill in designing their lesson planand developing reading materials, their performance in presenting materials in the class.The data were collected using three kinds of instruments, namely the open-endedquestionnaire to find out the teachers' perception on the reading skills, the officialdocument checklist to identify the teachers' skill in designing the lesson plan in teachingreading skills, and classroom observation checklist to know the teachers' teaching-performance in the class. Finally, result of this research showed that the teacher'sperception was influential and became determinant factor in English teaching. Theteachers had good skill in designing the lesson plan and developing the Reading skillmaterials and be skillful in presenting materials in the class if they had good perception onthe reading skill principles.

Keywords

Penerapan, Pengajaran, Keterampilan Membaca, Komunikatif. Keywords: Application, Teaching, Reading skill, Communicative Approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.