MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN TEKNIK ADU ARGUMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU BAHASA INDONESIA

Ida Zulaeha(1),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan kebutuhan pengembangan model  investigasi kelompok dengan teknik adu argumen yang dapat  meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru bahasa Indonesia peserta mata kuliah pembelajaran mikro kemudian menghasilkan model perkuliahan pembelajaran mikro yang digunakan sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran inovatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain research and development. Kebutuhan pengembangan model mencakup   mengimplementasikan tujuan dan karakteristik pembelajaran pada pendidikan menengah, menentukan desain pembelajaran yang tepat, praktik keterampilan dasar mengajar yang kreatif dan inovatif,  praktik mengelola kelas besar dan kecil, praktik menyesuaikan pembelajaran dengan lingkungan siswa dan sekolah, praktik mengelola dan mengatasi berbagai persoalan ketika praktik mengajar, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai kriteria. Sintakmatik model investigasi kelompok dengan teknik adu argumen meliputi pemberian masalah, eksplorasi respon, realisasi respon, diskusi dan analisis proses pembelajaran, dan revisi kegiatan. 

 

This research is conducted to the aim of describing the development needs of the group investigation model with argument argued technique that can improve pedagogical competence of the students of Indonesian teachers candidates in planning and implementing innovative learning.  The research is carried out by applying a research and development design. The model development needs include to implement the objectives and characteristics of learning for secondary education, to determine appropriate instructional design, to practice basic skills in creative and innovative teaching, to practice large and small classes managements, to practice instructional adjustment with student and the school environments, to practice managing and resolving various problems when teaching, and to evaluate learning based on the criteria. Group investigation model syntagmatic with argument argued techniques include giving  problem, exploring response, realizing response, discussing and analyzing the learning process, and revising activities.

Keywords

micro learning, a group investigation model, argument argued techniques

References

Borg RW & Gall MD. 2003. Educational Research an introduction, fifth Edition. Longman.

Debdikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Joyce, Bruce & Marsa Weil. 2000. Models of Teaching, Six Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Nur, Mohamad. 2004. “Inovasi Model-Model Pembelajaran” dalam Kumpulan Abstrak Makalah Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V, di Universitas Negeri Surabaya.

Setyaningsih, Nas Haryati. 2014. “Model Kolaboratif Tipe Investigasi Kelompok sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Prosa Mahasiswa” dalam LINGUA, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Volume X, Nomor 1, Januari 2014. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Silberman, Melvin L. 2004. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sudaryono. 2009. KLINIK PENDIDIKAN: Implentasi Model Pembelajaran Investigasi Kelompok. http://www.jambiekspres.co.id/index.php/guruku/3029-klinik-pendidikan-implentasi-model-pembelajaran-investigasi-kelompok.html. Diunduh tanggal 6 Oktober 2009.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik- dan- model -pembelajaran. diunduh 2 Juli 2009.

Suyanto. 2003. “Pendidikan Nasional yang Kian Tertinggal” dalam Suara Merdeka, 30 Desember 2003.

Winataputra, Udin Saripudin & Toeti Soekamto. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antar Universitas.

Winataputra, Udin S. 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulaeha, Ida & Deby Luriawati. 2010. “Pengembangan Model Investigasi Kelompok dengan Teknik Adu Argumen bagi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Calon Guru Bahasa Indonesia” Laporan Penelitian. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.