MODEL PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI BERBASIS TEORI SEMIOTIKA

Teguh Supriyanto(1),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Mahasiswa calon guru seharusnya memahami dan mampu mengembangkan beberapa model pembelajaran. Dalam pembelajaran sastra semestinyalah model pembelajaran berbasis teori sastra. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan model pembelajaran apresiasi sastra. Karakteristik desain model apresiasi sastra berbasis teori semiotik termasuk di dalamnya sintagmatik, sistem sosial, sistem reaksi, sistem penunjang, tujuan pembelajaran, dan sistem pendamping. Model pembelajaran apresiasi sastra berbasis teori semiotika memiliki tahapan pada lapis bunyi, arti, objek, dunia, dan lapis metafisik.

 

This research aims to describe a development of literary appreciation learning model since teacher candidate students should understand and are able to develop some learning models, and in learning literature, the learning model should be based on literary theory. Characteristics of literary appreciation model desihn are based on semiotic theory including sintagmatics, social system, reaction system, contributory system, learning objectives, accompanying system. Literary appreciation learning model based on semiotic theory has stages on sound layer, meaning, object, world, metaphisical layer.

Keywords

appreciation, poem, semiotics

References

Borg, Walter R, Meredith Damin Gall.1983. Educational Research: An Introduction. New York and London: Longman.

Damono, Sapardi Djoko.1985. Perahu Kertas. Jakarta: Pustaka Jaya.

Faruk. 1996. Aku dalam Riffaterre. Artikel dalam Humaniora edisi XX. Yogyakarta: FIB UGM.

Mils dan Huberman.1984. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Mulyono. 2010. Apresiasi Puisi bagi Siswa SMA Negeri 2 Jokulo Pati. PTK. Pati: SMA2. Pati.

Nuryatin, Agus. 2008. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sastra”. Laporan Penelitian (belum diterbitkan).Semarang: LP2M Unnes

Riffaterre, M.1978. Semiotics of Poetry. New York, Columbia: Bloomington.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1993.Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Supriyanto, Teguh. 2009. “Puisi seperti Kue Lapis dan Kue Donat: dalam majalah Derap. Semarang: IKIP PGRI.

Utami, Muji. 2008. “Pengembangan Model Kinesik dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Berbasis Kontekstual di SMP”. Tesis. Semarang: Pascasarjana Unnes.

Teeuw.A. 1984. Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Welek, Rene dan Austin Warren. 1987. Theory of Literature. New York & London: Kegan Paul.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.