PROFIL PENGENDALIAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006 DI SMA/MA KOTA SEMARANG

Bambang Hartono(1),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan profil pengendalian mutu pembelajaran mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA/MA negeri  dan swasta di Kota Semarang, terutama berkait dengan aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Subjek  percontoh dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan atau kepala SMA/MA di Kota Semarang di 30 sekolah. Ke-30 sekolah itu dipilih secara variatif, baik negeri maupun swasta. Data penelitian ini diperoleh dengan cara mengumpulkan langsung dari lapangan melalui nontes. Teknik yang digunakan di antaranya angket, kuesioner, pengamatan langsung/lapangan, penilaian dokumen, dan wawancara. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1) secara umum profil untuk pengendalian mutu pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang pendidikan SMA/MA di Kota Semarang berkategori mutu cukup (2,31). Adapun pengendalian mutu tiap-tiap aspek 1) perencanaan pembelajaran berkategori cukup (1,99), sedangkan responden yang belum melaksanakan atau belum ada berbagai hal/proses pengendalian mutunya ada 271 (30,11%); 2) pengendalian mutu pada aspek pelaksanaan pembelajaran berkategori baik (2,52), sedangkan responden yang belum melaksanakan atau belum ada berbagai hal/proses pengendalian mutunya ada 284 (17,75%); dan 3) pengendalian mutu pada aspek evaluasi pengajaran berkategori cukup (2,35), sedangkan responden yang belum melaksanakan atau belum ada berbagai hal/proses pengendalian mutunya ada 107 (16,03%). 

 

This research aims to describe the profile of Indonesian language and literature leaning quality control in public and private senior high school and Islamic school in Semarang city, especially relating to the aspects of lesson planning, lesson implementing, and lesson evaluating. Subject samplings in this research are Indonesian language and literature teachers and/or the principals of public and private senior high school and Islamic school in Semarang of thirty schools. The thirty schools is selected variously, both public and private schools. The research data is acquired by field direct collection through non-test. The techniques applied are questionnaire, direct/field observation, document assessment, and interview. Data analysis, in this research, uses qualitative descriptive analysis method. Result of this research shows that the profile of Indonesian language and literature leaning quality control for public and private senior high school and Islamic school in Semarang is categorized as fair (2,31). The quality control of each aspect depicts that 1) the lesson planning is categorized fair (1,99), whereas respondents which have not done or there have not been various quality control processes are 271 (30,11%); 2) the learning implementing aspect is categorized good (2,52), whereas respondents which have not done or there have not been various quality control processes are 284 (30,11%); and 3) the learning evaluating aspect is categorized fair (2,5%), whereas respondents which have not done or there have not been various quality control processes are 107 (16,03%)

Keywords

profile, learning quality control, Indonesian language and literature

References

Depdiknas. 2007. Standar Kompetensi Kepala SMP. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2008. Jakarta: Dirjer PMPTK, Direktorat Tenaga Kependidikan.

Mclaughlin, G.C. 1995. Total Quality in Research and Development. Florida: St. Lucie Press.

Muhaimin, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Cetakan Ke-2. Jakarta: kencana Prenada Media Group.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa. E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Schermerhon, J.R. 1996. Management and Organizional Behavior: Essentials. Ork: John Wiley & Sons.

Soedijarto. 1999. Pendidikan sebagai Sarana Reformasi Mental dalam Upaya Pembangunan Bangsa. Jakarta: Gunung Agung.

Sukmadinata, dkk. 2003. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Dasar: Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: Kesuma Karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.