ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN TLOGOSARI KULON 05 SEMARANG

Maria Fransiska(1), Ikha Listyarini(2),


(1) Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang
(2) Program Studi PGSD Universitas PGRI Semarang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah menganalisis kemampuan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang yang meliputi penggunaan huruf kapital, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca dalam karangan narasi siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Selain itu, semua yang dikumpulkan berkemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang sudah diteliti. Sampel yang diteliti berupa karangan narasi siswa sebanyak 22 karangan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penggunaan ejaan siswa termasuk dalam kriteria baik karena tingkat persentase kesalahan penggunaan ejaan siswa mencapai 0% - 21,94%. Kemampuan penggunaan huruf kapital termasuk dalam kriteria baik karena tingkat persentase kesalahan mencapai 21,94%, kemampuan penulisan kata termasuk kriteria sangat baik karena tingkat persentase kesalahan mencapai 5,49%, dan kemampuan penggunaan tanda baca termasuk dalam kriteria sangat baik karena tingkat persentase kesalahan mencapai 11,19%. 

The problem of this research is how is the spelling competence in the narrative text of 5th grade students in SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. The purpose of this research is unveiling the analysis of students’ grammatical spelling competence in the narrative text material of 5th grade students in SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang, including the capital characters, words’ spelling, and punctuation marks in their narrative text. The approach of this research was using descriptive qualitative, with collecting words and pictures instead of numbers. Besides, all collected data become the important keys of the research. The samples taken in this research were 22 texts.The result of this research was the understanding of spelling from the students was good since the degree of misspelling percentages was on the range of 0% - 21,94%. The competence of using capital characters of the students was good in the percentage of mistakes in 21,94%, the students’ words spelling was also good in the percentage of 5,49% mistakes, and the competence of students in using proper punctuation was also good in the degree of mistakes of 11,19%.

Keywords

the spelling competence, the narrative text

Full Text:

PDF

References

Achmad, T. B. K. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kwaran Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. (Doctoral Dissertation, PGSD). (diakses 09 November 2015)

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, J. Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhlisin. 2014. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Penerapan Kaidah EYD pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 02 Kandangserang Pekalongan. Skripsi UPGRIS. Tidak Terbit.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-undang Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrama Widya.

Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.