MEMBACA INTENSIF MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MELALUI TEKNIK KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA SISWA VII C SMP NEGERI 1 BONANG DEMAK

Dwi Rahmawati(1), Haryadi Haryadi(2), Deby Luriawati N.(3),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi proses pembelajaran, peningkatan keterampilan membaca intensif menemukan gagasan utama, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Bonang Demak. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengambilan data menggunakan instrumen tes, observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Proses pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama dengan model CIRC melalui teknik kepala bernomor berlangsung lancar, kondusif, dan memberikan pemahaman mendalam mengenai cara membaca intensif untuk menemukan gagasan utama sebuah bacaan. Pada tes siklus I  diperoleh nilai rata-rata 62,88 termasuk kategori cukup dan siklus II diperoleh rata-rata 83,55 atau termasuk kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 20,67 atau 32,87%. Perilaku peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Bonang Demak mengalami perubahan ke arah positif. Peserta didik antusias, aktif,  dan bersungguh-sungguh dalam pembelajaran membaca intensif untuk menemukan gagasan utama.

The objective of this research is to describe the learning process, the improvement and behavioral changes of students class VII C SMP Negeri 1 Bonang Demak about finding the main idea of the text by students of class VII C SMP Negeri 1 Bonang Demak. This research used action research procedure with two cycles. The method were used instrumental test, observation, journal, interview, and documentation picture. Learning Process of  intensive reading to find the main idea using cooperative integrated reading and composition (CIRC) model through structured numbering head technique well done, condusif and gave deep understanding about the way of intensive reading to find the main idea of the text. From the first cycle the average value was 62,88 clasified average categoryand second cycle gained an average value of 83,55 clasified in goal category An increased 20,67 or 32,87%. The behavior of the students class VII C SMP Negeri 1 Bonang changing for the positive, enthuastic learners, active, and earnest in teaching intensive reading to find the main idea.

Keywords

intensive reading skills, main idea, circ models, numbered heads structured technique

Full Text:

PDF

References

Haryadi. 2006. Retorika Membaca (Model, Metode, dan Teknik). Semarang: Rumah Indonesia.

Hasman. 2009. Model-Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. 1979. Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran-Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Algesindo.

Soedarso. 1988. Speed Reading (Sistem Membaca Cepat Dan Efektif). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 2008 Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wainwright, Gorden. 2001. “Speed Reading Better Recording”. Terjemahan Heru Sutrisno. 2006. Manfaatkan Teknik-Teknik Teruji Untuk Membaca Lebih Cepat dan Meningkatkan Secara Maksimal. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Angkasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.