PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MEMBACA FLEKSIBEL DAN METODE THINK, PAIR, AND SHARE

Hangga Aria Adhi Pratama(1), Tommi Yuniawan(2),


(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Unnes
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Unnes

Abstract

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Gemuh. Hal ini karena siswa kurang tertarik dan kesulitan dalam membaca cepat, dan kesulitan menemukan ide pokok tiap paragraf. Selain itu, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan strategi membaca fleksibel dan metode think, pair, and share dalam pembelajaran membaca cepat untuk menemukan ide pokok ini. Hasil penelitian menggunakan strategi dan metode pembelajaran tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran membaca cepat. Pada siklus I hasil nilai mencapai 74,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,6 meningkat 6,0 atau sebesar 8,04%. Peningkatan keterampilan membaca cepat ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif.

The problem that is raised in this study is the lack of students skiil in class VII H of SMP 1 Gemuh Kendal in speed reading. That  is because they are not interested in speed reading and difficulty to find main idea in each paragraph. On the other hand, the teacher still uses usual lecturing methode so that the students feel bored. Minimalize those lack, the writer used flexsible reading strategy and think, pair, share method in speed reading teaching. The result of research using strategy and method learning shows the impovement on speed reading learning process. In the cycle I the result is 74,6 than improves in cycle II become 80,6. So it rises for  about 6,0 or 8,04%. The improvement in speed reading also followed by the improvement of the student’s positive attitude.

Keywords

speed reading, main idea, flexible reading strategy, think, pair, and share method

Full Text:

PDF

References

Alwi, dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dyson, Mary C. Dan Mark Haselgrove. 2000. “The Effect of Reading Spef and Reading Patterns on The Understanding of The Teks Read From Screen”. Journal of Research in reading.Volume 23.Universitas Negeri Semarang.

Fatmawati. 2005. Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat 250 KPM dengan Pembelajaran Latihan Berjenjang dan Penilaian Authentic Assessment pada Siswa Kelas VIII A MTs Miftakhul Ulum Rengaspendawa Kab. Brebes Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES.

Haryadi. 2006a. Pokok-Pokok Keterampilan Membaca. Semarang: Unnes.

Haryadi. 2006b. Retorika Membaca, Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.

Hernowo. 2003. Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Bandung: MLC.

Ika, Vita. 2007. “Peningkatan Membaca Cepat 200 Kpm dengan Strategi Membaca Fleksibel dan Teknik Kecepatan Membaca Minimum pada Siswa Kelas VII F SMP N 15 Tegal”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kurniati, Yuli. 2010. “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat untuk Menemukan Ide Pokok dalam Artikel melalui Media Mind Map dengan Metode Point pada Siswa Kelas XI IPA-2 SMA N Grabag Magelang”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Nurhadi. 2005. Bagaimanakah Meningkatkan Kecepatan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rasinski, Timothy dan Lisa Lenhart. 2000. “Explorations of Fluent Readers”. http://www.reading.org/General/Publications/ReadingToday/RTY-071 explorations.aspx. (diunduh 24/02/2012).

Rohmadi, Muhammad. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia 3. Surakarta: Graha Multi Grafika.

Ruswanto. 2010. “Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat untuk Menemukan Unsur Berita dengan Menggunakan Teknik Ayunan Visual dan Metode Think Pair and Share pada Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 2 Kaliwungu Kabupaten Kendal”.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Sari, Niken. 2007. Manfaat Membaca. http:// sari1985.blogdetik.com//2007/21/manfaat-membaca.html. diunduh pada tanggal 30 Desember 2011 pukul 09:22:18 WIB.

Sari. 2007. Peningkatan Membaca Cepat 200 Kpm dengan Strategi Membaca Fleksibel dan Teknik Kecepatan Membaca Minimum pada Siswa Kelas VII F SMP 15 Tegal. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES.

Soedarso. 2004. Speed Reading. Jakata: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Subyantoro, dkk. 2004. Membaca Cepat. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Tarigan, Henry Guntur. 2008 Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Think, Pair, Share. http://eazhull.org. (diunduh 20/09/10)

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wainwright, Gordon. 2006. Speed Reading Better Recalling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widyamartaya. 1992. Seni Membaca Untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT. Gramedia Media Sarana Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.