PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGKAP MAKNA TERTULIS TEKS EKSPLANASI SOSIOKULTURAL BERMUATAN PENDIDIKAN MORAL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC METODE SQ4R

Rina Jayaningtyas(1), Haryadi Haryadi(2),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Upaya meningkatkan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi peserta didik kelas VII E SMP Negeri 5 Semarang yaitu menggunakan teks eksplanasi sosiokultural bermuatan pendidikan moral dan pendekatan scientific metode SQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi proses pembelajaran, perubahan sikap religius, perubahan sikap sosial, dan peningkatan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan. Berdasarkan hasil observasi proses, peserta didik mengalami peningkatan keantusiasan. Hasil tes keterampilan prasiklus sebesar 65,99 dengan persentase ketuntasan 6,25%, meningkat pada siklus I menjadi 79,67 atau 50% dengan hasil portofolio 81,41 atau 68,75%. Pada siklus II hasil tes 88,92 dan nilai portofolio 89,97 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan proses pembelajaran dan keterampilan menangkap makna tertulis teks eksplanasi ini juga diikuti perubahan sikap religius dan sosial peserta didik ke arah yang lebih positif.

Efforts to improve the skills of catching the written meaning of explanation text class VII-E SMP Negeri Semarang 5 that uses sociocultural explanation text charged moral education and scientific approach with SQ4R method. This study aims to describe the learning process, student’s religious attitude changes, student’s social attitude changes, and improving the skills to grasp the written meaning of explanation text. This study uses classroom action research. The result showed significant improvement. Based on the observation of the process, the students increased enthusiasm. Prasiklus skills test results at 65.99 with the percentage of completeness of 6.25%, an increase in the first cycle to 79.67 or 50% of the portfolio returns 81.41, or 68.75%. In the second cycle test results of 88.92 and 89.97 for a portfolio with 100% completeness. Improved learning process and skills grasp the written meaning of explanation text also followed by changes in religious attitudes and social attitudes of students to a more positive direction.

Keywords

grasp the written meaning, sociocultural explanation text charged moral education, scientific, and SQ4R methods.

Full Text:

PDF

References

Anderson, Mark & Kathy Anderson. 2003. Text Types in English. 1. South Yarra: Macmillan Education Australia Pty Ltd.

Doddy, Sugeng, & Effendi. 2008. Developing English Competencies for Grade XII of Natural and Social Science Programmes Senior High School (SMA/ MA). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Makalah Disajikan dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 analisis materi ajar jenjang SD/SMP/SMA Tahun 2013.

---------- 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kemerntrian Pendidikan dan Kebudayaan

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Mulyadi, Yadi. 2013. Bahasa Indonesia untuk SMP-MTs Kelas VII. Bandung: YramaWidya.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Badung: Angkasa.

Widyamartaya. 1971. Membaca Efisien. Yogyakarta: Seri Puskat.

---------- 1992. Seni Membaca Untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.