KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF TEKS BIOGRAFI DENGAN MODEL INKUIRI TERPIMPIN BERPASANGAN DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VII SMP

Dyah Nawang Wulan(1), Ida Zulaeha(2), Haryadi Haryadi(3),


(1) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES
(2) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES
(3) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kemampuan membaca intensif teks biografi siswa dengan model inkuiri terpimpin berpasangan pada siswa kelas VII SMP; (2) mendeskripsikan kemampuan membaca intensif teks biografi siswa dengan model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas VII SMP; dan (3) mengetahui keefektifan pembelajaran membaca intensif teks biografi antara menggunakan model inkuiri terpimpin berpasangan dan cooperative integrated reading and composition  pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pada kelas eksperimen satu menggunakan model inkuiri terpimpin berpasangan dan pada kelas eksperimen dua menggunakan model cooperative integrated reading and composition. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri terpimpin berpasangan lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition pada pembelajaran membaca intensif teks biografi.

This study aims to: (1) deskription  skill intensive reading text biography student  with a pair of guided inquiry model in class VII student; (2) deskription skill intensive reading text biography student with a model of cooperative integrated reading and composition students of class VII SMP; and (3) determine the effectiveness of teaching intensive reading text biography of using guided inquiry model pairs and cooperative integrated reading and composition students of class VII SMP. This study was an experimental study. In one experiment class using pairwise guided inquiry model and the experimental class in half using a model cooperative integrated reading and composition. The results showed pairs guided inquiry learning model is more effective than learning model cooperative integrated reading and composition on a learning intensive reading text biography.

Keywords

membaca intensif teks biografi, model inkuiri terpimpin berpasangan, model cooperative integrated reading and composition

Full Text:

PDF

References

Abrar, Ana Nadhya. 2010. Bagaimana Menulis Biografi Perspektif Jurnalisme. Yogyakarta: Emerson.

Durukan, Erhan. 2011. Effects of Cooperative integrated reading and composition technique on reading-writing skills. Turkey : Black Sea Technical University.

Kurniawati, Nofita. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Pengalaman Pribadi Dengan Model Inkuiri Terpimpin Berpasangan Sebagai Penumbuhkembangan Karakter Siswa Kelas VII-B Smpn 2 Sukorejo”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Ngadiran. 2010. “Pengembangan Model Inkuiri pada Kemampuan Menceritakan Pengalaman Paling Mengesankan Siswa Kelas VII SMP”. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Sirkoni. 2013. “Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Menulis Paragraf Argumentasi SIswa Kelas X di Sekolah Menengah ATas 5 Palembang”. http:// eprints.binadarma.ac.id ( 29 Juni 2015).

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktiknya. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerit Angkasa Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.