Analisis Kebutuhan Materi Mata Kuliah Hanyu Yufa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang

Karisma Diana Sari, Anggraeni Anggraeni

Abstract


Salah satu mata kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Negeri Semarang adalah hanyu yufa. Dalam mata kuliah tersebut membahas materi tentang tata bahasa, akan tetapi materi tentang tata bahasa juga disampaikan pada mata kuliah yang lain. Buku yang digunakan sebagai bahan ajar untuk mata kuliah hanyu yufa juga berbeda-beda setiap beberapa tahun dan dosen yang berbeda disetiap semesternya. Oleh karena itu diperlukan adanya analisis mengenai kebutuhan materi tentang mata kuliah hanyu yufa, sehingga dapat diketahui bahan ajar dan materi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran buku materi mata kuliah hanyu yufa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang, mengatahui kebutuhan materi mata kuliah hanyu yufa menurut dosen, dan mengetahui kebutuhan materi mata kuliah hanyu yufa menurut mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuisioner dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Gambaran materi mata kuliah hanyu yufa, serta materi apa saja yang sama dengan mata kuliah yang lain. (2) Buku materi hanyu yufa yang digunakan oleh angkatan 2018 sudah sesuai, hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan. (3) Mengetahui kebutuhan bahan ajar seperti apa yang dibutuhkan oleh angkatan 2018.

One of the courses in the Mandarin Language Education Study Program, Semarang State University is Hanyu yufa. The subject discusses material on grammar, but the material on grammar is also given to other subjects. The book that is used as teaching material for the Hanyu yufa course also varies each year. Therefore it is necessary to have an analysis of the material needs about the course of Hanyu yufa, so that it can be known what teaching materials and materials are following with the needs of students. This study aims to find out the overview of the book material of the Chinese Language Study Program Semarang State University, to know the material needs of the Chinese Language Course according to lecturers, and to know the material needs of the Chinese Language Course by students. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Data validity use source triangulation. The results of this study, (1) A description of Hanyu yufa course material, as well as any material which is the same as the other courses. (2) The material book of the Hanyu yufa that is used by the class of 2018 is appropriate, it's just that there are still some shortcomings. (3) Determine the need for teaching materials such as what is needed by the 2018 class.


Keywords


needees analysis, teaching material, hanyu yufa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v3i2.27105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.