Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Kompentensi Dasar Efisiensi penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit

Tri Lestari(1), Hari Wujoso(2), Nunuk Suryani(3),


(1) Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(2) Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(3) Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran metode ceramah plus dan drill terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada  kompetensi dasar efisiensi penggunaan tempat tidur rumah sakit pada mahasiswa  Prodi D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment pretest posttest group design. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan paired t-test dan independent t-test. Keseluruhan subjek penelitian adalah 118 mahasiswa. Hasil Penelitian berdasarkan hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa semua pasangan variabel pair 1, pair 2, pair 3, pair 4 mempunyai nilai p atau sig = 0,000 (<0,05) maka h0 ditolak . Hal ini berarti terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar  sebelum dan sesudah pemberian metode pembelajaran melalui metode ceramah plus dan metode dril, sehingga metode pembelajaran melalui metode ceramah plus dan metode dril dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar responden. Hasil Uji Independent Samples T Test menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar  mempunyai nilai p atau sig = 0,000 (<0,05), maka Ho ditolak atau motivasi belajar responden melalui metode pembelajaran dengan metode ceramah plus dan  metode  dril benar-benar berbeda. Pada variabel hasil belajar  mempunyai nilai p atau sig = 0,000 (α <0,05), maka Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar melalui metode pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah plus dan metode dril. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Dril terhadap motivasi belajar dan hasil belajar sangat berbeda. Metode dril lebih baik daripada metode ceramah plus.

The purpose of this study was to determine the effect of teaching methods and drill plus a lecture on motivation to learn and learning outcomes of students to the basic competence the efficient use of hospital beds in student Prodi D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar. The study design was quasi experimental group pretest-posttest design. The data is processed and analyzed using paired t-test and independent t-test. Overall the study subjects were 118 students. Results based on the results of Paired Samples Test shows that all variable pair 1, pair 2, 3 pair, 4 pair or sig has a value of p = 0.000 (<0.05) then h0 rejected. This means that there are differences in learning motivation and learning outcomes before and after giving a lecture mode of learning methods and methods plus drill, so the method of learning through lecture method plus and drill method can increase learning motivation and learning outcomes of respondents. Independent Test Results Samples T Test showed that the variables of learning motivation or sig has a value of p = 0.000 (<0.05), then Ho is rejected or motivation to learn the respondent through the method of learning by lecture method plus and drill method is completely different. On learning outcome variable has a value of p or sig = 0.000 (α <0.05), then Ho is rejected. This means that there are differences in learning outcomes through a learning method using plus lecture and drill method. Concluded that there are differences in the effect of Learning Method Lectures Plus and Method Dril toward learning motivation and learning outcomes are very different. Drill method is better than the lecture method plus.

Keywords

Methods Lecture Plus, Dril Method, Motivation, Learning Outcomes, efficient use of beds.

Full Text:

PDF

References

Agung, P. 2008. Macam-Macam Metode Pembelajaran. http://agungprudent. wordpress. com /2008/12/22/ macam-macam metode - pembelajaran/. Diunduh tanggal 14 Januari 2013

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B dan Zain, A. 2002 . Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Ery R. 2009. Statistik Rumah Sakit Untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu. Hal 56 – 58

Gulo, W. 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Gramedia Widya Sarana Cipta.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

________. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hariono, A. 2008. Pengaruh metode mengajar dan koordinasi terhadap kemampuan groundstrokes petenis pemula (studi eksperimen perbedaan metode drill dan pendekatan bermain pada siswa SLTP di Purworejo tahun 2008. (abstr)

Harjuna. 2007. Drill and Practice http://blog.persimpangan.com/blog// diunduh pada tanggal 26 Maret 2013

Huffman EK. 1992. Health Information Management. Phisichian Record Company Berwin Illionis, USA

Joice, B, Weil, M. 1980. Models of Teaching Second Edition, New Jersey : Prentice Hall Inc. Englewood Cliffs.

Khardani. 2010. Pembelajaran Latihan Keterampilan Drill Method. http://blog.pembelajaran.com/blog// diunduh pada tanggal 26 Maret 2013

Kusuma, E. (tanpa tahun) Pengaruh metode drill dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Anatomi Fisiologi di Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Pasuruan. Pasuruan. [abstr]

Kusumawardana, FUA. 2012. Implementasi metode pembelajaran drill sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata diklat PLC (Programmable Logic Control) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tesis S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. [unpublished]

Loretta, A. Horton. 2004. Calculating and Reporting Healthcare Statistics. American Health Information Management Association (AHIMA). Chicago, Illinois.

Lumbantobing, YR. 2012. Penerapan metode latihan (drill) untuk meningkatkan hasil belajar autocad pada peserta didik kelas X program keahlian teknik bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2011/2012. Tesis S1 Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Medan.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Masrur, M. 2009. Efektifitas Ceramah Plus Demontrasi dan Latihan (CPDL) dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 11 Surabaya. Tesis S1 Fakultas Pendidikan Agama Islam IAIN Sunan Ampel. Surabaya.

Metlzer, D.E,. 2002. The Relationshif Between Mathematics and Conceptual Learning Gains in Phisics : A Rosiden Hiden Variabel in Diagnostic Pretes Score Am.J.Phys.70

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik Dan Implementasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Oktaviani, LS. 2009. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematka melalui metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT) pada siswa kelas VII semester ganjil MTs Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2009/2010. Tesis S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Metro. [unpublished]

Prasetyoadi, EK. 2012. Pengaruh latihan drilling smash dan latihan strokes smash terhadap peningkatan ketepatan smash pada atlet bulutangkis putra usia 12-15 tahun PB Serulingmas Banjarnegara. Tesis S1 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. [unpublished]

Putri W dan Sumarsono. 2012. Upaya meningkatkan hasil belajar menggambar ilustrasi melalui model koperatif metode drill kelas V SDN No.105280 Desa Lama Kec. Hamparan Perak TA.2011/2012. Deli Serdang.

Rachmawati, FN. 2012. Meningkatkan hasil belajar menggambar proporsi tubuh menggunakan metode pembelajaran drill kelas X busana 2 SMKN 3 Blitar. Tesis S1 Program Studi Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. eJournal Volume 02 Nomor 01 Tahun 2013, Edisi Yudisium Periode Februari 2013. Hal 60-64.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Setyawati. 2012. Efektifitas Penggunaan Model Pembeljaran Reciprocal Teaching dilengkapi Drill Soal terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Kemampuan Matematika Umum Siswa. Hal 83-92. Prosiding Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema Kontribusi Pendidikan Mattemattiika dan Matematika dalam Membangun Karakter Gurru dan Siswa pada tanggal 10 November 2012 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta.

Sianturi, R. 2007. Pengaruh Metode Drill Pada Pembelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Pangkat Rasional Dan Bentuk Akar Di Kelas X SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun Ajaran 2007/2008. Unimed. Medan. (unpublished)

Simamora, Raymond H. 2009. Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta. EGC

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudra, Rano Indradi. 2010. Statistik Rumah Sakit (Dari Sensus Pasien & Grafik Barber Johnson Hingga Statistik Kematian & Otopsi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif Dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Uno, H.B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Wahidmurni, Mustikawan, A, Ridho, A. 2010. Evaluasi Pembelajaran (Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta. Nuha Litera

Wibowo, TK. 2009. Pengaruh Informasi metode ceramah dan diskusi terhadap perubahan perilaku dan kadar glukosa darah penderita diabetes militus tipe 2. Tesis S2 Program Studi Kedokteran Keluarga Minat Utama Profesi Pelayanan Dokter Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta. (abstr)

Widoyoko, S E P. 2011. Evaluasi Program Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Department of Sport Science, Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.