Pilihan Profesi Hukum Mahasiswa dalam Pengembangan Kurikulum Fakultas Hukum

Sartono Sahlan(1),


(1) Gedung C4, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50229

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran mempunyai peran sebagai dasar acuan pelaksanaan proses belajar mengajar. Oleh karena itu kurikulum harus selalu mampu beradaptasi dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pilihan profesi hukum mahasiswa hukum Unnes dan menemukan model pemetaan kurikulum FH Unnes sesuai dengan pilihan profesi hukum mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis-sosiologis, dengan tehnik pengambilan data melalui angket dan observasi. Analisis data dilakukan secara interaktif analysis model yang diperkuat dengan satistik deskriptifdalam memaknai angket. Hasil penelitian ini menunjukan pilihan profesi hukum yang banyak diminati mahasiswa adalah sebagai  konsultan hukum, selanjutnya legal officer, dan berturut-turut advokat, jaksa, hakim dan terakhir mediator. Fakultas hukum berdasarkan hasil tersebut melakukan workshop kurikulum  yang menghasilkan kurikulum kompetensi berbasis konservasi. Kurikulum ini diharapkan mampu menjadi katalisator yang tepat dalam menjembatani pilihan profesi mahasiswa FH Unnes. Ada beberapa fakta yang harus dibenahi oleh FH Unnes dalam pelaksanaan kurikulum tersebut yaitu sarana prasarana harus memadahi, dengan dosen yang profesional dan mempunyai komitmen keilmuan hukum yang tinggi.

 


Curriculum as an important component in the learning process has a role as a basic reference for teaching and learning process. Therefore, it should always be able to adapt to the needs of the workforce and community development. This study aimed to describe the choice of the students legal profession and map the curriculum model according to the students choice of the legal profession. The approach used in this study is a socio-juridical, with techniques of data collection through questionnaires and observation. The result of this research indicated that the most favorite preference of legal profession as a legal consultant, followed by the legal officer, and respectively advocates, prosecutors, judges and mediators. And the majority of this profession choice is driven by our analysis of the legal needs of the people of Indonesia and the global situation and the corresponding ideals. Law schools based on the results of the workshop curriculum conduct competency-based curriculum that produces conservation. The curriculum is expected to be a catalyst in bridging the proper choice of profession Unnes FH students. There are some facts that should be addressed by Faculty of Law Unnes in the implementation of the curriculum that must memadahi infrastructure, with lecturers who are professional and have a high commitment to scientific laws.

Keywords

Choice of Professions; Law Students; Curriculum Conservation

Full Text:

PDF

References

Indarti, Erlyn, Legal Konstructivisme: Paradigma Baru Pendidikan dalam Rangka Membangun Masyarakat Madani, Dalam Majalah Masalah-Masalah Hukum, Vol XXX No. 3 Tahun 2001.

Jalal, Fasli dan Dedi Supriyadi. 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita.

Makmun, Abin Syamsudin.1996. Analisis Posisi Pendidikan. Jakarta: Biro Perencanaan Depdikbud.

Rodiyah, 2011. Aspek Demokrasi Dalam Pembentukan Perda (Studi Kasus Pembentukan Perda Bidang Pendidikan Dalam Perspektif Socio-Legal). Disertasi-PDIH Undip-Semarang.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial.Yogyakarta: UGM Press.

Sutan Zanti Arbi.1988. Pengantar kepada Filsafat Pendidikan, Jakarta: Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wignjosoebroto, Soetandyo,.2002, â€Hukum, Metode, dan Dinamika Masalahnya †ELSAM – HUMA, Jakarta.

Zamroni, 1992. Pengembangan Pengantar Teori Sosial, Yogyakarta : Tiara Yoga.

----------,2001. Pendidikan untuk Demokratisasi, Tantangan Menuju Civil Society, Jogjakarta: Bigraf Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.