COWSKIN OVEN SEBAGAI SATU ALTERNATIF ALAT PENGERINGAN BAGI KELOMPOK UKM PEMBUAT KERUPUK RAMBAK

Sasono Wibowo, Sri Wahyuningsih

Abstract

Belum banyaknya pengrajin yang menekuni usaha kerupuk rambak kulit, tentunya membuka peluang bisnis bagi masyarakat. Peluang bisnis dengan pembuatan kerupuk rambak ini salah satunya adalah di Kecamatan Pegandon Kota Kendal, kira-kira 38 km dari ibu kota Jawa Tengah. Permasalahan yang dihadapi mitra dalam pembuatan kerupuk rambak yaitu bahwa untuk pengeringan kulit kerbau/sapi sebagai bahan bakunya sangat tergantung dengan sinar matahari, sehingga apabila cuaca mendung dan hujan, maka proses produksinya mengalami kendala karena bahan baku harus diproses hari itu juga, jadi kalau tidak terproses sudah pasti kulit kerbau/sapi jadi rusak. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat IbM ini adalah dengan memanfaatkan teknologi yang mendukung dalam mempermudah, mempercepat, dan melancarkan yang menjadikan peningkatan produksinya, yaitu dengan pembuatan “oven pengering“ yang disesuaikan derajat/temperaturnya matahari. Target khusus adalah peningkatan pendapatan dan taraf ekonomi Kelompok pengusaha kerupuk rambak dan diharapkan menjadi model percontohan yang akan diaplikasikan di tempat lain.

Keywords

Oven pengering; Kerupuk rambak; UKM

Full Text:

PDF

References

(BPS) Badan Pusat Statistik, Kebupaten Kendal, 2010, Kendal dalam Angka 2009. Kendal:BPPS Kabupaten Kendal

(BPS) Badan Pusat Statistik, 2010 Berita Resmi Statistik, http://www.bps.go.id

Budi A. 2006. UKM :Benteng Ekonomi Indonesia, antara Dilema dan Realita, http://www.brotherfatih.multiply.com. journal

Danian MA. 2008 Manajemen Usaha Pembuatan Krupuk Rambak di Citra Rasa Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal (Laporan Prakterk Kerja Lapangan) Semarang : Fakultas Peternakan.

(Disnak) Dinas Peternakan Jawa Tengah 2007. Populasi Sapi Potong 2002-2006, http://www.disnak.jawatengah.go.id (20 November 2008)

(Disnak) Dinas Peternakan Jawa Tengah, 2007. Populasi Kerbau 2002-2006, http://www.disnak.jawatengah.go.id (20 November 2008)

Edward D. 2008 Pemberdayaan UMKM dan Sektor Riil, http://www.usaha-umkm.blog.com. (20 November 2008)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.