IbM KELOMPOK USAHA PERTANIAN DAN PETERNAKAN

Sudarman Sudarman, Sunyoto Sunyoto

Abstract

Tujuan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh Mitra IbM di bidang pertanian dan peternakan. Terdapat dua mitra IbM, yaitu kelompok swadaya masyarakat (KSM) “Sembodho” dan kelompok tani “Ngijo Makmur” yang beralamat di kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Sebagai tim pelaksana kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kebutuhan lapangan. Dalam pelaksanaan dipakai beberapa metode yang saling mendukung, antara lain dengan ceramah/penyuluhan untuk materi yang bersifat teori dan motivasi, demonstrasi/peragaan untuk menyampaikan materi praktek/keterampilan, praktek langsung oleh mitra, dan pendampingan kegiatan. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini antara lain: 1) Satu unit reaktor biogas beserta perlengkapannya, 2) Satu unit mesin pencacah limbah pertanian untuk proses pembuatan pupuk kompos, 3) Satu unit mesin pemarut dalam pengolahan pasca panen produk jahe, 4) Peserta terampil membuat produk olahan jahe berupa sirup jahe, 5) Manajemen pengelolaan kelompok tani/kelompok usaha lebih baik, 6)Produk sirup jahe dikemas dengan baik dan mempunyai izin P-IRT.

Keywords

reaktor biogas; pupuk kompos; pertanian; peternakan

Full Text:

PDF

References

Adi, Isbandi Rukminto. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

Depdagri. 2008. Pemanfaatan Kotoran Ternak untuk Biogas. Jakarta: Direktorat pembinaan Masyarakat Desa, Depdagri

Hadisuwito, Sukamto. 2012. Membuat Pupuk Organik Cair. Jakarta: Agromedia Pustaka

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerapan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna

Paimin, Farry B. 2001. Alat Pembuat Biogas dari Batu Bata. Depok: Panebar Swadaya.

Rudy C. Tarumingkeng, Bambang Purwantara. 2005. Pemanfaatan Limbah Ternak Ruminansia untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan.

Said, Syahrudin. 2010. Biogas untuk Listrik Skala Rumah Tangga. Jakarta: Indocamp.

Sukmana, Rika Widya dan Anny Muljatiningrum. 2011. Biogas dari Limbah Ternak. Bandung: Nuansa.

Suyitno, dkk. 2010. Teknologi Biogas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yuwono, Dipo. Kompos. 2007. Jakarta: Penebar Swadaya

Wahyuni, Sri . 2010. Biogas. Depok: Penebar Swadaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.