PELATIHAN ANALISIS STATISTIKA PENELITIAN EKSPERIMEN TIGA PERLAKUAN BAGI GURU GURU SMK DI KOTA SEMARANG

Muhammad Khumaedi, Sunyoto Sunyoto, Agus Nugroho

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang berupa pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan dalam analisis statistika penelitian eksperimen tiga perlakuan ini adalah: (1) Melakukan upaya agar kompetensi guru guru Sekolah Menengah Kejuruan di kota Semarang dalam analisis statistika penelitian eksperimen tiga perlakuan setelah mendapat pelatihan akan lebih baik dari pada sebelum mendapat pelatihan, (2) Meningkatkan kompetensi guru guru Sekolah Menengah Kejuruan di kota Semarang dalam analisis statistika penelitian eksperimen tiga perlakuan setelah mendapat pelatihan.Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode Training Within Industry yang langkah-langkahnya sebagai berikut: (1) persiapan, (2) peragaan, (3) peniruan, dan (4) praktik. Hasil dari pelatihan yang dilakukan sebagai berikut: (1)Hasil pelatihan guru guru Sekolah Menengah Kejuruan di kota Semarang dalam analisis statistika penelitian eksperimen tiga perlakuan adalah dari sebelumnya kompetensinya rendah setelah dilakukan pelatihan kompetensinya menjadi tinggi, (2) Ada peningkatan yang cukup tinggi kompetensi guru guru Sekolah Menengah Kejuruandi kota Semarang dalam analisis statistika penelitian eksperimen tiga perlakuan sesudah mendapat pelatihan dibandingkan sebelumnya.

Keywords

pelatihan, analisis, statistika, penelitian, eksperimen

Full Text:

PDF

References

Aziz, Fakhra and Akhtar, Mahar Muhammad Saeed (2014). Impack Of Traning On Teachers Competencies At Higher Education Level in Pakistan.International Refereed Research Journal¦ www.researchersworld.com ¦ Vol.–V, Issue–1, Jan. 2014.

Alainati, Shaikhah, Alshawi, Sarmad, N and Al-Kharagouli, Wafl. (2010). The Effect Of Education And Training On Competence. European and Mediterranean Conference on Information Systems 2010 (EMCIS2010), April 12-13 2009, Abu Dhabi, UAE

Marzuki, Saleh. (2010). Pendidikan Nonformal, Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2011. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nolker, Helmut dan Schoenfeldt, Eberhard. 1988. Pendidikan Kejuruan, Pengajaran, Kurikulum, dan Perencanaan. Jakarta: PT. Gramedia.

Schippers, Uwe dan Patriana, Djadjang Madya. 1994. Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Bandung: Penerbit Angksa.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Pustaka

Triton PB. 2006. SPSS 13.0 Terapan Riset Statistika Parametrik. Yogyakarta: Penerbit Andi

Walpole, Ronald E. 1995. Pengantar Statistika. Edisi ke-3. Jakarta: PT. Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.