PENGARUH PENGGUNAAN HIDROGEN HASIL ELEKTROLISIS TERHADAP PERFORMA MESIN PADA SEPEDA MOTOR

Faishal Afif Cosina(1),


(1) unnervisitas negeri semarang

Abstract

Sepeda motor merupakan transportasi yang terkenal di Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik penggunaan sepeda motor di Indonesia dari tahun 1987 – 2013 mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu dapat diketahui dari data pada tahun 1987 dengan jumlah kendaraan sepeda motor di indonesia sebanyak 5.554.305 unit dan dan data di tahun 2013 sebanyak 84.732.652 unit. Peningkatan jumlah sepeda motor juga di iringi bertambahnya usia sepeda motor, akibatnya kinerja mesin semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan gas hidrogen yang dapat digunakan sebagai penambah bahan bakar sehingga emisi kinerja mesin kendaraan dapat meningkat secara maksimal. Metode pemerolehan gas hydrogen dengan cara proses elektrolisis yang diterapkan pada reaktor yang menggunakan Stainlees Steel sebagai katoda-anoda dan 4% larutan NaOH. Sumber tegangan yang digunakan pada reaktor adalah 12 Volt-15 Volt dengan penggunaan sistem kontrol arus. Gas hidrogen yang dihasilkan dari proses elektrolisis dimasukkan ke dalam ruang bakar melalui Inlet Manifold and Inlet Port Injection. Dari hasil penelitian penambahan gas hydrogen dengan sistem kontrol arus 4A, 5A, dan 6A mampu meningkatkan torsi mesin sebesar 5,42% dan daya mesin 10,501% dengan kuat arus 6A.

Keywords

Kinerja Mesin, Performa, Elektrolisis, Hidrogen

Full Text:

PDF

References

Andewi, N. M. I. Y. dan W. Hadi. 2012. Produksi Gas Hidrogen Melalui Proses Elektrolisis Air Sebagai Sumber Energi. Jurusan Teknik Lingkungan. ITS. Surabaya.

Anjeel. 2016. Understanding Hydrogen properties. (ONLINE). http://www.anjeel.com/auto/understanding_hydrogen_properties.html. Diakses pada 5 februari 2017.

Bhattacharyya, R., A. Misra, dan K.C. Sandepp. 2016. Photovoltaic solar energy conversion for hydrogen production by alkaline water electrolysis: conceptual design and analysis. Energy Conversion and management :133:1-13.

BPS. 2016. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis Tahun 1949-2015. (ONLINE). https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133. Diakses pada 4 februari 2017.

Carcassi, M. N. dan F. Fineschi. 2005. Deflagrations of H2¬-air and CH4-air lean mixtures in a vented multi-compartment environment. Energy 30:1441-1450.

Ciniviz, M. dan H. Kose. 2012. Hidrogen Use In Internal Combustion Engine. International Journal of Automotive Engineering and Technologies Vol 1. Issue 1. Hal. 1-15.

Djawas, M. H. 2008.Teknologi dan Implikasi Hybrid Sistem Pada 3 Raksasa Otomotif. Jakarta : Binus University.

Isana, SYL. 2010. Perilaku sel elektrolisis air denga elektroda stainless steel. Prosiding seminar nasional Kimia dan Pendidikan Kimia. UNY: FMIPA.

Ismawan, A. K., S. Wiyono, dan N. Aklis. 2010. Pengaruh Pemasangan Alat Peningkat Kuailtas Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik Motor Bensin. Jurusan teknik mesin fakultas mesin. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 30-36.

Kalkan, N., K.H. Luo, dan E. Guk. 2014. An Overview Of Hidrogen Fueeled internal Combustion Engines. IJASR International Journal of Academic and Scientific Research. Vol.2. Issue 4. 58-70.

Karnowo. dan W. D. Raharjo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Kurdi, O. dan Arijanto. 2007. Aspek Torsi dan Daya Pada Mesin Sepeda Motor 4 Langkah dengan Bahan Bakar Campuran Premium – Methanol. Pengajaran Jurusan Teknik Mesin Rotasi-volume9. Semarang : Universitas Negeri Diponorogo

Marlina, E. 2016. Pengaruh Variasi Larutan Elektrolit Terhadap Produksi Brown’s Gas. INFO TEKNIK Volume 17 No. 2 Desember 2016 (187-196).

Marlina, E., W. Slamet, dan Y. Lilis. 2013. Produksi Brown’s Gas Hasil ElektrolisisH2O dengan Katalis NaHCO3. Jurnal Rekayasa Mesin Vol.4. No.1: 53-58.

Musfirah, N., B. Abdullah, S. Suryani, dan W. Wahab. 2015. Pengaruh Sistem Pembakaran Terhadap Jenis dan Konsentrasi Gas Buang Pada Sepeda Motor 110cc Silinder Tunggal Mendatar Dengan Sistem Pengapian DC (Direct Current). Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : 1-5

Niu, R., X. Yu, Y. Du, H. Xie, H. Wu, dan Y. Sun. 2016. Effect of Hydrogen Proportion on Lean Burn Performance of a dual Fuel SI Engine Using Hydrogen Direct-Injection. Journal Fuel 186: 792-799.

Nugraha, B. S. 2007. Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Populer Dan Teknologi Terapan. 5/2 :1-16. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Pertamina. 2012. Spesifikasi Pertamax. (ONLINE). http://www.pertamina.com/industrialfuel/media/24240/pertamax.pdf. Diakses pada 5 februari 2007.

Putra, M. A. 2010. Analisis Produktifitas Gas Hidrogen Dan Gas Oksigen Pada Elektrolisis arutan KOH. Jurnal Neutrion. 2/2: 141-154.

Rahman, A. 2010. Spray Simulation of Hydrogen fuel for Spark Ignition Engine Using Computational Fluid Dynamics (CFD). Pahang : Universiti Malaysia Pahang.

Tipler, P. A. 1991. PHYSICS for Scientists and Engineers. Third Edition. Worth Publisher, Inc. Terjemahan L. Prasetio dan R. W. Adi. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik. Edisi 3. Jakarta : Erlangga

Saravanan, N., G. Nagarajan, C. Dhanasekaran, dan K.M. Kalaiselvan. 2007. Experimental Investigation of Hydrogen port fuel Injection In DI diesel Engine. Internasional Journal of Hydrogen Energy 32. 4071-4080

Sherif, S.A., F. Barbir, dan T.N. Veziroglu. 2005. Towards a Hydrogen Economy. The Electricity Journal. Vol. 18 Issue 6. 62-76.

Sinaga, N. dan A. Dewangga. 2012. Pengujian dan Pembuatan Buku Petunjuk Operasi Dinamometer Tipe Water Brake. Jurnal Teknik Mesin Rotasi 14(3): 8-12.

Solikin, M., M. Kes, dan Sutiman. 2005. Mesin Sepeda Motor. Yogyakarta : Insania.

Sudjarwo. 2013. Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor. Malang : Dapertemen Pendidikan Nasional.

Susilo, B. R. 2012. Analisis Kinerja Sel Elektrolisis Berbasis Kontrol Tegangan Pulse Width Modulation Untuk Peningkatan Kinerja Motor Bakar. Jakarta : Universitas Indonesia.

Syahrani, A. 2006. Analisis Kinerja Mesin Bensin Berdasarkan Hasil Uji Emisi. SMARTek. Palu : Universitas Tadulako. 260-266.

Wikipedia, 2017. Hidrogen-Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (ONLINE). https://id.wikipedia.org/wiki/Hidrogen. Diakses pada 6 februari 2017.

Yilmaz, A.C., E. Uludamar, dan K. Aydin. 2010. Effect of hydroxy (HHO) gas addition on performace and exhaust emissions in compression ignition engines. Internasional journal of hydrogen energy :35:11366-11372.

Zeng, K. dan D. Zhang. 2010. Recent progress in alkaline water electrolysis for hydrogen production and applications. Prog Ener Combus Sci : 36:307-326.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License