Analisis Sistem Pendaftaran pada Web Forum Ilmiah Matematika Unnes 2014

Alamsyah Alamsyah(1), Afrilian Ardi Arus(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan efisiensi penerapan sistem pendaftaran pada Forum Ilmiah Matematika (FIM) Unnes 2014. Berdasarkan observasi yang dilakukan, penulis menemukan bahwa pendaftaran berbasis web lebih efektif karena mempermudah sistem pendaftaran, terutama di luar wilayah Semarang. Kelemahan dari sistem yang digunakan selama ini yaitu pendaftaran yang digunakan dinilai kurang efisien karena pendaftar dapat melakukan lebih dari satu kali input data dengan atribut yang sama. Oleh karena itu, dirancang sebuah sistem pendaftaran berbasis web berupa database yang hanya dapat memuat satu data dengan atribut seperti nama, NISN, asal sekolah dan lain-lain. 

Keywords

sistem pendaftaran;forum ilmiah matematika

Full Text:

PDF

References

Ladjamudin. & Al-Bahra, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Sutedjo, Budi, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Yogjakarta: Andi Publisher, 2006.

Connolly, T. & Begg, C., Database Systems: a practical approach to design, implementation, and management. 5th Edition, America: Pearson Education, 2010.

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, 2009.

Barbara, B. Kawulich. 2005. Participant Observation as a Data Collection Method. Qualitative Social Research Sozialforschung.

http://www.qualitative-research.net/index.php/fqs/article/view/466/996#g4,diakses 3 Juni 2014.

P. Gill, at al. 2008. Methods of Data Collection in Qualitative Research:Interviews and Focus Groups. British Dental Journal 204, 291 – 295 Published online: 22 March 2008. http://www.nature.com/bdj/journal/v204/n6/full/bdj.2008.192.html, diakses 4 Juni 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Scientific Journal of Informatics (SJI)
p-ISSN 2407-7658 | e-ISSN 2460-0040
Published By Department of Computer Science Universitas Negeri Semarang
Website: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Email: [email protected]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.