Penerapan Modul Aneka Kudapan pada Ekstrakurikuler Tata Boga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik

Putri Mutia Hidana, Choirul Anna

Abstract


Media pembelajaran diindikasikan mampu membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan pembelajaran menggunakan modul aneka kudapan yang meliputi aktivitas guru dan siswa, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotorik dan respon siswa pada ekstrakurikuler tata boga. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Variabel yang diamati yaitu 1) aktivitas guru dan siswa 2) hasil belajar kognitif  3)hasil belajar psikomotorik dan 4) respon siswa . Subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas tujuh yang mengikuti ekstrakurikuler tata boga di SMPN 3 Kediri. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes  dan angket untuk mengetahui hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotorik,akitivitas guru dan siswa, dan respon siswa. Perbedaan hasil belajar pengetahuan antara pretest dan posttest dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)  aktivitas guru dan siswa pada seluruh pertemuan pada kriteria sangat baik 2) hasil belajar siswa ranah kognitif menunjukkan peningkatan 3) hasil belajar psikomotorik siswa menunjukkan kriteria baik 4) hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik.

Keywords


modul, ekstrakurikuler tata boga, kognitif, psikomotorik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Badawi,A. 2015. Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba (Skripsi). Makassar: UIN Allaudin.

Dwi, F. 2013. Penggunaan Modul sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK pada materi microsoft word kelas V di SDN Sarikarya Kragilan Condongcatur Sleman Yogyakarta (Skripsi). Yogyakarta: UNY.

Efina, L. 2016. Penerapan Modul Berbasis Komik Pada Kompetensi Dasar Membuat Roti di SMK Negri 3 Kediri Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (Skripsi). Surabaya: UNESA.

Ghuffron, A dkk. 2007. Panduan Penelitian dan Pengembangan . Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Herawati, H. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Kemampuan Kognitif untuk Orang Tua Taman Kanak – Kanak Usia 4-5 tahun di Bandar Lampung. Tesis. Lampung: Pascasarjana FKIP Universitas Lampung.

Hudayah, Tri. 2014. Pengembangan Modul Menyiapkan Stock, Soup dan Sauce dengan Model Pembelajaran Langsung untuk Siswa SMK Bidang Keahlian Tata Boga (Skripsi). Surabaya : UNESA.

Husein, U. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Indah, E. 2014. Penggunaan Modul Pembelajaran dalam Model Direct Instructions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas V SDN Petemon Kota Surabaya (Skripsi). Surabaya: UNESA

Isti, F. 2013. Penerapan Modul Berbasis Kurikulum 2013 pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kompetensi Dasar Mengolah Hidngan Pasta Kelas XI Jasa Boga 2 di SMK Negeri 6 Surabaya (Skripsi). Surabaya: Unesa.

Ladjid, H. 2005. Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Quantum Teaching.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Mayer, R.E. 2001. Multimedia Learning. New York : Cambridge University Press.

Muhaimin, dkk. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nababan, P.W.J. 2001. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Nokwanti. 2013. Pengaruh Tingkat Disiplin dan Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. (Jurnal Pendidikan Ekonomi). Semarang: IKIP Veteran Semarang.

Nurfitria, U. 2013. Penguasaan Pengetahuan Alat Boga Makanan Oriental 1 pada Mahasiswa Pendidikan Tata Boga Angkatan 2011 (Thesis). Bandung: UPI.

Nurjaman, A. 2018. Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan. Dalam Hendri, A (Ed). Membentuk Pribadi Kartini melalui Ekstrakurikuler. (hlm. 198-199). Jakarta: Guepedia Publisher.

Septa, D. 2016. Penerapan Modul Kewirausahaan Bidang Tata Boga pada Pembelajaran Ekstrakurikuler Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Wirausaha Siswa SMA Negeri 1 Menganti (Skripsi). Surabaya : Unesa.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, Psikomotorik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryaningsih. 2010. Pengembangan Media Cetak Modul sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.15294/teknobuga.v8i2.25349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.