Forum Grup Diskusi tentang Multiple Intelligence Pada Anak Usia Dini di Lingkungan Satuan Pendidikan Kecamatan Semarang Barat

  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan bentuk forum group discussion (FGD) ini dilakukan dalam rangka memtransformasi informasi terkait multiple intellegencia kepada para Guru PAUD dan TK di lingkungan Satuan Pendidikan Kecamatan Semarang Barat. Tujuannya agar para guru dapat mengetahui dan mengidentifikasi bahkan membuat modul bagaimana tingkat multiple intelligencia pada anak menjadi potensi yang dapat diarahkan secara positif dan progresif. Kegiatan dilaksanakan pada 22 Agustus 2021 di Kantor Satpen Kecamatan Semarang Barat dengan peserta 50 Guru PAUD dan TK. Metode yang digunakan adalah membuat forum atau grup diskusi untuk menggali pemahaman dan sejauh mana pengetahuan peserta terhadap multiple intelegence dari para putra putri didiknya. Karena masih dalam masa Pandemi, kegiatan dilakukan dengan protocol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah pemahaman bersama serta rekomendasi penanganan terhadap anak didik dengan mempunyai multiple intelligence yang dimiliki oleh para Guru PAUD dan TK.

Author Biography

Tri Joko Raharjo, Universitas Negeri Semarang

https://scholar.google.co.id/citations?user=QS3J01AAAAAJ&hl=en

References

Al Ardha, M. A., Yang, C. B., Adhe, K. R., Khory, F. D., Hartoto, S., & Putra, K. P. (2018). Multiple Intelligences and Physical Education Curriculum: Application and Reflection of Every Education Level in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 212, 587-592.
İnan, C., & Erkus, S. (2017). The Effect of Mathematical Worksheets Based on Multiple Intelligences Theory on the Academic Achievement of the Students in the 4th Grade Primary School. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1372-1377.
Nurvica Sari dan Oktariani, (2019), Mengenal dan Mengidentifikasi Kecerdasan Majemuk pada Anak, Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 Sindimas, 334-337.
Rini Hayu Lestari dan Mamik Ratnawati, (2021), Pelatihan Stimulasi “Multiple Intelligence” pada Ibu Balita Di Desa Kali Kejambon Kecamatan Tembeleng, Kabupaten Jombang, Journal of Community Engagement in Health, 4 (1), 26-29.
Setiawan, R., & Mardapi, D. (2020). Multiple Intelligences-Based Creative Curriculum: The Best Practice. European Journal of Educational Research, 9(2), 611-627.
Shearer, C. B. (2020). Multiple intelligences in gifted and talented education: Lessons learned from neuroscience after 35 years. Roeper Review, 42(1), 49-63.
Published
2021-12-17