Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru di Kabupaten Blora

  • Hari Bakti Mardikantoro Program Studi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Imam Baehaqie Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Haryadi Haryadi Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhammad Badrus Siroj Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: pelatihan, artikel ilmiah, profesionalitas guru, training, scientific articles, teacher professionalism

Abstract

Abstrak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru bidang studi bahasa Indonesia di Kabuaten Blora dalam penulisan artikel ilmiah dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini bervariasi antara lain penyuluhan yang meliputi ceramah, diskusi (tanya jawab) dan pelatihan. Peserta kegiatan berjumlah 80 orang guru. Dari kegiatan tersebut terlihat bahwa para guru bidang studi Bahasa Indonesia dan bidang studi lain diĀ  Kabupaten Blora masih banyak yang belum paham penulisan artikel ilmiah hasil penelitian. Hal ini bisa dimaklumi karena para guru belum pernah mendapat arahan dan pelatihan cara mengubah hasil penelitian menjadi sebuah artikel hasil penelitian yang siap dikirim ke jurnal tertentu. Dengan kegiatan ini, tentu ada pengetahuan baru tentang penulisan artikel ilmiah yang diperoleh oleh para guru di Kabupaten Blora.

Abstract. This activity aims to improve the knowledge and skills of teachers in the field of Indonesian language studies in Blora Regency in writing scientific articles in order to improve teacher professionalism. The methods used in this activity vary, including counseling which includes lectures, discussions (questions and answers) and training. The participants of the activity were 80 teachers. From these activities, it can be seen that there are still many teachers in the field of Indonesian language studies and other fields of study in Blora Regency who do not understand writing scientific research articles. This is understandable because the teachers have never received direction and training on how to turn research results into research articles that are ready to be sent to certain journals. With this activity, of course there will be new knowledge about writing scientific articles obtained by the teachers in Blora Regency.

References

Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1996). Menulis. Depdikbud.
Aqib, H. (2008). Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengembangan Profesi Guru. Yrama Widya.
Arifin, E. (1987). Penulisan Karya Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar. Mediyatama Sarana Perkasa.
Arifin, E., Zaenal, Z., & Hardi, F. (1999). 1001 Kesalahan Berbahasa. Akapres.
Arikunto, S., & Sugardjono, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Brand, R. (1993). What Do You Mean Professional? Educational Leadership, 6.
Danim, S. (2017). Karya Tulis Inovatif, Sebuah Pengembangan Profesi Guru. Remaja Rosdakarya.
Depdikbud. (1995). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Depdikbud.
Doyin, M. (2014). Menulis Artikel Ilmiah dan Populer. Bandungan Instutute.
Ekowardono, B. K. (2006). Kaidah Tata Tulis Artikel ilmiah. In Makalah disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional Penulisan Artikel untuk Jurnal Ilmiah bagi Guru dan Dosen.
Mulyasa, E. (2004). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.
Supriadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Adicita Karya Nusantara.
UIN Jakarta. (2019). Permasalahan Guru di Indonesia.
IIEF. (2019). Guru adalah pembentuk akal dan karakter bangsa.
Published
2021-12-17