FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Prastanto Prastanto

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap pembiayaan murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan populasi laporan keuangan triwulan dari seluruh Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia pada periode tahun 2009-2011. Pengambilan sampel yaitu 3 Bank Umum Syariah menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FDR, NPF, DER, QR, dan ROE secara simultan berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah. Untuk hasil secara parsial, variabel FDR, QR, dan ROE berpengaruh positif terhadap pembiayaan murabahah. Sedangkan untuk variabel NPF, dan DER berpengaruh negatif terhadap pembiayaan murabahah.

 

Abstract

This research is done to know the Influence of and equivalent rate of financial ratio and for Murabahah Financing on The Islamic Banks in Indonesia. This research used population quarterly financial reports of all Islamic Banks in Indonesia in the period 2009-2011. Three Islamic Banks in Indonesia as samples was choosed using purposive sampling method. The analytical tool used in this study was multipleregression. The research show that FDR, NPF, DER, QR, and ROE simultaneously affect to murabahah financing. For partial results, FDR, QR, and ROE variables positively affect murabahah financing. As for the variable NPF and DER negatively effect of murabahah financing.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prastanto, P. (1). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Accounting Analysis Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i1.1179

References

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Cleopatra, Yuria Pratiwhi. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Proporsi Aset Perbankan Syariah di Indonesia. Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: UI.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
-------. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan V. Semarang: UNDIP.
Helena dan Therese. 2005. Stewardship theory. Harkes Ingvild.
Harahap, Sofyan S. 2006a. Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta : lembaga penerbit fakultas ekonomi. Universitas Trisakti.
Kaihatu, Thomas S. 2006. Stewardship theory dan agency theory. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra. Surabaya.
Laksmana, Yusak. 2009. Tanya Jawab: Cara Mudah Mendapatkan Pembiayaan di Bank Syariah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Maula, Khadijah Hadiyyatul. 2009. Pengaruh Simpanan (DPK), Modal Sendiri, Marjin Keuntungan dan NPF terhadap Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah Mandiri. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Muhammad. 2005. Pengantar Akuntansi Syariah. Jakarta: Salemba Empat.
Mulawarman. 2007. Eksistensi Laporan Nilai Tambah Syariah Berbasis Rezeki Simposium Nasional Akuntansi Pontianak XI.
Mulawarman, Triyuwono, dkk. 2006. Rekonstruksi Teknologi Integralistik Akuntansi Syari’ah : Shariate Vale Added Statement. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.
Nurhayati, Sri dan Wasilah. 2009. Akuntansi Syariah Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Pratin dan Akhyar Adnan. 2005. “Analisis Hubungan Simpanan, Modal Sendiri,NPL, Prosentase Bagi Hasil dan Markup Keuntungan terhadap Pembiayaan pada Perbankan Syariah (studi kasus pada BMI)”. Dalam Sinergi Kajian Manajemen dan Bisnis, Edisi Khusus on Finance. Hal 35-52 Yogyakarta: Balai Diklat Keuangan III Yogyakarta dan FE UII.
Sekaran. 2006. Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Sulistri, Enik. 2009. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perbankan Syariah (2003-2007). Surakarta: Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah Surakarta
Usamah. 2009. “Peran Kompetensi dan Model Pengorganisasian Dewan
Pengawas Syariah Terhadap Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah di Indonesia”. Dalam Artikel KU. Semarang: Undip.
Triyuwono, Iwan. 1996. Teori Akuntansi Berhadapan Nilai-nilai ke Islaman. Dalam Jurnal Ulumul Quran Nomor 5 VOL VI Tahun1996.
Wibowo, M. Ghafur. 2007. Pengaruh Rasio Keuangan Bank Terhadap Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta.
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/C7402D01-A030.../uu_bi_1099.pdf
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/248300B4.../UU_21_08_Syariah.pdf
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/
http://wiki.unnes.ac.id/articles/s/t/a/Statistika_deskriptif.html