PENGEMBANGAN MODEL AUDIT DELAY DENGAN AUDIT REPORT LAG DAN TOTAL LAG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alvina Noor Arifa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat bukti secara empiris tentang perbedaan antara audit report lag dan total lag serta menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan 121 sampel tahun 2010-2011. Penelitian ini terdiri dari dua model regresi linier berganda, yaitu model regresi linier audit report lag dan model regresi linier total lag serta uji beda untuk membuktikan adanya perbedaan antara audit report lag dan total lag. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada kedua model regresi, seluruh variabel independen berpengaruh baik secara signifikan maupun parsial terhadap audit report lag maupun total lag. Hasil dari uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara audit report lag dan total lag.

 


##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arifa, A. (1). PENGEMBANGAN MODEL AUDIT DELAY DENGAN AUDIT REPORT LAG DAN TOTAL LAG. Accounting Analysis Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i2.1441

References

Ahmad, Ayoib Che & Abidin, Shamharir. 2008. “Audit Delay of Listed Companies: A Case of Malaysia”. International Business Research Vol. 1 No. 4.

Ahmad, Raja Adzrin Raja & Kamarudin, Khairul Anwar. 2003 . “Audit Delay and The Timeliness of Corporate Reporting : Malaysian Evidence”. Malaysia: MARA University of Technology.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19”. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Chariri, Anis. 2003 . “Teori Akuntansi”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
IAI. 2011. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Iskandar, M.J. & Trisnawati E. 2010 . “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Audit Report Lag pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia” . Jurnal Bisnis dan Akuntansi vol. 12 no. 3, Hal. 175-186. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Lestari, Dewi. 2010. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay: Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Merdekawati, Ika & Arsjah, Regina J. 2011. “Timeliness of Financial Reporting Analysis: An Empirical Study in Indonesia Stock Exchange”. Simposium Nasional Akuntansi XIV.

Mulyadi. 2002 . “Auditing”. Jakarta: Salemba Empat.
Nor, Mohamad Naimi Mohamad, et. al. 2010. “Corporate Governance and Audit Report Lag in Malaysia”. Asian Academy of Management Journal of Accounting and Finance. Malaysia: Universiti Sains Malaysia.

Rachmawati, Sistya.2008.”Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Audit Delay dan Timeliness”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 10 No. 1 : 1-10. Jakarta: Universitas Indonesia.

Prabandari, Jeane Deart Meity dan Rustiana. 2007.”Beberapa Faktor yang Berdampak pada Perbedaan Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di BEJ)”. Jurnal Kinerja. Vol. 11. Hlm. 27-39.

Purwati, Atiek Sri. 2006. “Pengaruh Karakteristik Komite Audit terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Publik yang Tercatat di BEJ”. Thesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Subekti, Imam. dan N.W. Widiyanti. 2004. ”Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit Delay di Indonesia”, Simposium Nasional Akuntansi VII:991-1002.

Walker, Angela & Hay, David.2006.”An Empirical Investigation of the Audit Report Lag: The Effect of Non-Audit Services”. Selandia Baru : University of Auckland.

Wijaya, Aditya Taruna. 2012. “Pengaruh Karakteristik Komite Audit terhadap Audit Report Lag”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Wenny, Carmel Meiden. 2007. “Variabel Total Lag Perusahaan Manufaktur di BEJ”. Jakarta:Institusi Bisnis dan Informatika Indonesia.