PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Setyadi Irfan
Fachrurrozie Fachrurrozie
Bestari Dwi Handayani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan perusahaan terhadap penerapan corporate governance. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian adalah perusahaan yang telah berturut-turut masuk dalam pemeringkatan CGPI survey investor dan analis yang diberikan oleh IICG untuk tahun 2010, 2011 dan 2012. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, analisis deskriptif dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA tidak berpengaruh terhadap corporate governance, ROE tidak berpengaruh terhadap corporate governance dan NPM tidak berpengaruh terhadap corporate governance.

 

The purpose of this research was to analyze the influence of the company's financial performance with respect to corporate governance. The population in this research is a public companies listed on the Indonesia stock exchange. The research sample is a company that has been successively CGPI ratings survey of investors and analysts are given by IICG for 2010, 2011 and 2012. Sampling method in this study using a purposive sampling method so that the sample in this research as much as 35perusahaan. Methods of data analysis used in this study is the analysis of multiple regression, analysis of descriptive and test assumptions. The results of this research show that ROA did not influence on corporate governance, ROE has no effect on corporate governance and the NPM does not influence on corporate governance.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Setyadi Irfan, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Irfan, S., Fachrurrozie, F., & Handayani, B. (1). PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE. Accounting Analysis Journal, 2(4). https://doi.org/10.15294/aaj.v2i4.4173

References

Ardiansyah, 2004 , “Pengaruh Variabel Keuangan terhadap Return Awal dan Return 15 Hari Setelah IPO serta Moderasi Besaran Perusahaan terhadap Hubungan antara Variabel Keuangan dengan Return Awal dan Return 15 Hari Setelah IPO”, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia , Vol.7 , No.2 , Mei.

Bachtiar dan Veronica. 2004. Good Corporate Governance, Information Asymmetry, and Earning Management. Symposium Nasional VII. Denpasar.

Bambang Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan. BPFE- Yogyakarta. Yogyakarta.

Darwanti et. al. 2005. Hubungan Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan Jurnal Riset Akuntansi Indonesia vol.8, No. 1, Hal 65-81.
Durnev dan Kim. 2002. To Steal or Not to Steal: Firm Attributes, Legal Environment, and Valuation.

Erna Hidayah. 2008. Pengaruh Kualitas Pengungkapan Informasi terhadap hubungan antar Penerapan Corporate Governance dengan Kinerja Perusahaan di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Vol. 12, No. 1, Hal 53-64.

G. Suprayitno, et. al. 2009. Profil Program Corporate Governance Perception Index 2008. IICG. Jakarta.
Imam Ghozali. 2009. Ekonometrika (Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS). Badan Penerbitan Universitas Diponegoro. Semarang.
Klapper.L.F.l.Love. 2002. Corporate Governance, Perlindungan Investor, dan Kinerja Emerging Markets. Bank Dunia.

Nurmala Ahmar dan Maulan. 2007. Analisis Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Publik di Bursa Efek Jakarta. Jurnal manajemen Akuntansi dan Sistem Informatika. Vol. 7, No. 2, Hal 150-165.
Nur Sayidah. 2007. Pengaruh Kualitas Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan publik. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Vol. 11, No. 1, Hal 1-19.

Putu Anggreini. 2010. Penerapan Good Corporate Governance. Investor. Jakarta.

Sulistyanto, H. Sri. Y, Nugraheni. 2002. Good Corporate Governance: Berhasilkah Diterapkan di Indonesia. Working paper

Sony Suwarsono. 2009. Corporate Governance Concept and model. Center for Corporate Governance Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Yogyakarta.

Warsono et al. 2009. Coporate Governance Concept and Model. Yogyakarta : Center for Good Corporate Governance.