RESPON TERHADAP ORNAMEN MASJID MANTINGAN JEPARA DALAM SENI LUKIS

  • Rama Asmy Mulyani Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Mantingan Mosque ornaments Jepara, Art.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merespon ornamen Masjid Mantingan dari segi media, mengembangkan kreativitasdalam berkarya. Berdasarkan pengamatan ornamen Masjid Mantingan yang mempresentasikan daya khayal,imajinasi dan emosi sebagai gagasan dasar dalam proses berkarya seni lukis. Media dan bahan yang digunakandalam pembuatan proyek studi ini adalah triplek dengan tebal 0,9 mm dengan ukuran media 60 x 60 cm dan 120x 60 cm. Dengan menggunakan cat aklirik dan pigmen yang disapukan di atas triplek dengan menggunakankuas. Teknik berkarya yang digunakan diawali dari sket dan dikembangkan lagi menggunakan media komputerkemudian diproyeksikan ke media triplek kemudian di-sket kembali dan mulai disapukan cat hingga finishingkarya jadi. Dalam proses berkarya meliputi tahapan konseptualisasi dan visualisasi ide yang Dipilih daripeninggalan sejarah budaya yang direalisasikan ke dalam karya seni lukis. Pendekatan gaya dekoratif digunakanuntuk tiap-tiap objeknya. Keseimbangan yang digunakan sebagian besar adalah keseimbangan asimetris dengandominasi terletak pada objek 1ornament. Motif ornamen berisi stilisasi flora-fauna dan geometris. Garis yangdigunakan adalah garis nyata dengan menggunakan dominasi warna hitam pekat yang berfungsi sebagai outline.Dengan penggunaan warna tipis karena ingin menampilkan kesan serat kayu. Hasil lukisan yang terlihat datartidak mengesankan gempal atau bervolume.

 

The purpose of this study is to respond ornaments Mantingan mosque in terms of media, developing creativity in the work.Based on the observations of the present Mantingan mosque ornament imagination, imagination and emotions as a basic ideain the process of painting work . That there are many kinds of ornaments, not all lifted into the works but is reduced and usedas deemed interesting idea and worthy to be visualized. Media and materials used in the manufacture of this study project is0.9 mm thick plywood with medium size 60 x 60 cm and 120 x 60 cm. By using paint and pigment a scrath aklirik over theplywood with a brush. Techniques used work begins again from the sketch and developed using computer media then projectedto the media later on - sketch plywood back and began to spread over the paint so finishing work. In the process of workincludes the stages of conceptualization and visualization Selected idea of cultural heritage is realized in works of art.Decorative style approach is used for each object. Balance is used mostly asymmetrical balance with domination lies inrnament object . Ornamental motifs contains stylized flora - fauna and geometric. Line used is the real line using a black colordomination serves as an outline. With the use of thin color because they want to show the impression of wood fiber. Resultspaintings that look unimpressive flat stocky or volume

 

References

Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. UPT MKK Universitas Negeri Semarang

Abdul Kadir, 1979. Risalah dan Kumpulan Data tentang Perkembangan Seni Ukir Jepara. Jepara Pemda Tk.II Kab. Jepara

Anonim. 2006. Rujukan Seni Cergam Sequen. Jakarta: Yayasan Kaji Gambar Indonesia.

Bastomi, Suwaji. 1992. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press.

Budiman, Amen. 1982. Kompleks Makam Ratu Kalinyamat Mantingan-Jepara. Proyek Pengembangan Permuseuman Jawa Tengah

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Gie, The Liang. 1983. Pengantar Estetika. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Gustami,SP. 1980. Nukilan Seni Ornamen. Yogyakarta: STSRI-ASRI.

Masdiono, Toni. 2001. 14 Jurus Membuat Komik. Jakarta: Creative Media.

Moeliono, A. (Ed.) 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mujiyono. 2009. Presentasi Realitas Dalam Karya Seni Rupa Murni. Imajinasi volume V, No. 1-Januari Jurnal Seni: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Noor, Djuhar. 1977. Inventarisasi Peninggalan Sejarah di Kabupaten Jepara. Semarang : Universitas Diponegoro.

Pemerintah Kab. Jepara.1979. Risalah dan Kumpulan Data tentang Pengembangan Seni Ukir Jepara. Jepara : Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II

Rondhi, Mohammad. 2002. Tinjauan Seni Rupa. Paparan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni UNNES.

Rondhi, Mohammad. 2008. Kajian Konteks dalam Seni Rupa Kritik Seni dalam Imajinasi volume II, No. 8-Januari. Jurnal Seni Semarang: FBS UNNES

Sahman, Humar. 1993. Mengenali Dunia Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sarwono, S.W, 2002. Psikologi Remaja. PT Raja Grafindo Remaja. Jakarta.

Subandi d.k.k. 1993. Keberadaan Seni Ukir Mebel Jepara dan Perkembangan Desainnya. Surakarta: Sekolah Tinggi Seni Indonesia.

Sudarmadji. 1979. Seni dan Permasalahannya. Yogyakarta: Sakudaryarso.

Sunaryo, Aryo. 1993. Desain Dasar I. Hand Out tidak dipublikasikan.

Sunaryo, Aryo. 2002. Nirmana I. Hand Out Jurusan Seni Rupa: FBS UNNES

Sunaryo, Aryo. 2006. Seni Lukis Dasar. Hand Out. Jurusan Seni Rupa FBS UNNES. tidak dipublikasikan.

Susanto, Mike. 2002. Diksi Rupa. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Tim Sainducation. 2009. Ensiklopedia Seri Hewan. Semarang-Demak: CV Aneka Ilmu.

(http//.www.kriyamedia.blogspot.co.id/artdeco.html)

(http://repository.upi.edu/operator/upload/s_geo_0705816chapter2x.pdf)

(http://yogaparta.wordpress.com/2009/06/18/mengenalornamen/(15,April2013/18.06WIB

How to Cite
Mulyani, R. (1). RESPON TERHADAP ORNAMEN MASJID MANTINGAN JEPARA DALAM SENI LUKIS. Arty: Jurnal Seni Rupa, 2(1). https://doi.org/10.15294/arty.v2i1.2425
Section
Articles