PERANCANGAN REAR PART MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN SOFTWARE 3D SIEMENS NX8

Main Article Content

Monelis Widyatama
Pramono -
Dony Hidayat Al-Janan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah rancangan rear part mobil listrik meliputi poros tranmisi daya dan sistem suspensi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian perkembangan (Research Development) dengan bantuan perangkat lunak yang mampu untuk pembuatan suatu model dalam bentuk gambar 3 dimensi, dalam hal ini software yang digunakan adalah Siemens NX8. Sistem suspensi yang digunakan adalah suspensi independent double wishbone sedangkan  untuk perancangan sistem penggerak dibatasi hanya pada perancangan poros tranmisi daya. Simulasi dan analisa kekuatan struktur komponen-komponen sistem suspensi dan poros tranmisi daya juga menggunakan software Siemens NX8. Komponen-komponen yang diuji adalah lengan suspensi double wishbone atas dan bawah, knuckle, tromol dan cross joint-cross joint pada poros tranmisi daya. Dari hasil simulasi dan analisa komponen-komponen diatas maka akan diketahui tingkat displacement, stresses, dan safety factor.  Tolak ukur utama dari hasil analisa ini adalah safety factor, yaitu minimal 4 sedangkan hasil pengujian komponen-komponen tersebut sudah melebihi 4 sehingga rancangan rear part ini aman untuk digunakan.

 


The purpose of this research is to obtain a design rear electric car parts include power transmission axle and suspension systems. The research method used in this research is the Research Development with the help of software that is able to manufacture a model in the form of 3-dimensional images, in this case the software used is Siemens NX8. The suspension system used is independent double wishbone suspension while designing the drive system is restricted to the design of power transmission shaft. Simulation and analysis of the power structure suspension system components and power transmission shaft also use Siemens software NX8. The components were tested for the double wishbone suspension arms up and down, knuckle, drum and cross-joint cross joint on the power transmission shaft. From the results of simulation and analysis of the components above it will be known level of displacement, stresses and safety factors. The main benchmark of the results of this analysis is the safety factor, which is at least 4, while the results of the testing of these components has been more than 4 so the rear part design is safe to use.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Monelis Widyatama, Gedung E5 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Pramono -, Gedung E5 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Dony Hidayat Al-Janan, Gedung E5 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Agung, M. 2004 . Evaluasi dan Proses Produksi Sistem Suspensi Depan pada Kendaraan Listrik Bebas Polusi Marlip. Proseding Konferensi Nasional Tenaga Listrik dan Mekatronika ke-1: 86-93.
Irawan. R. B, Purwanto dan Hadiyanto. 2011. Prototipe Catalytic Converter dari Tembaga Berlapis Mangan untuk Mereduksi Emisi Gas Buang CO Motor Bensin. Traksi, 11(1):18-34
Kumara, N.S. 2008. Tinjauan Perkembangan Kendaraan Listrik Dunia Hingga Sekarang. Tranmisi, 11(2):89-96
Kepolisian Republik Indonesia. 2010. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis tahun 1987-2010. www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel= 1&daftar=1&id_subyek=17¬ab=12.htm (Diunduh 2 Juni 2012)
Suryana. 2010. Metodologi Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
http://www.alibaba.com/productgs/459923470/500W_48V_Electric_Motor_for_Electric.html
http://www.environmentfriendlystore.com/electric-vehicle-hybrid carconversion.html