Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube Mata Pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art Dan Rias Wajah Khusus Dan Kreatif Di Smk Yapek Gombong PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE MATA PELAJARAN PERAWATAN TANGAN KAKI DAN NAILART DI SMK YAPEK GOMBONG Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

RITA OKTAVIANI
Trisnani Widowati
Sena Wijayanto

Abstract

Abstrak Keberadaan SMK menekankan terciptanya lulusan yang berkomitmen terampil, kreatif, mandiri dan siap kerja di dunia industri. Kompetensi keahlian tata kecantikan kulit dan rambut SMK Yapek Gombong mewujudkan pembelajaran yang menarik dan memudahkan proses pembelajaran melalui pengembangan media ajar menggunakan video youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas dan efektifitas pengembangan media pembelajaran berbasis Video Youtube Mata Pelajaran Perawatan Tangan Kaki dan Nailart di SMK Yapek Gombong. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan model pengembangan ADDIE (Analysist, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis video youtube tutorial nail art ombre dengan presentase dari ahli media 81,2%, ahli teknologi pendidikan 91,6% dan ahli materi 92,8%. Rata-rata penilaian ahli sebesar 87,9% dengan kriteria sangat layak, sehingga dapat disimpulkan media yang dikembangkan valid. Efektifitas media pembelajaran dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar nailart ombre secara signifikan yang terbukti oleh hasil thitung  = 4,47 > ttabel = 2,09 dengan taraf signifikansi 0,5. Berdasarkan analisis uji gain mendapatkan skor sebesar 0,73. Nilai tersebut diinterpretasikan kedalam nilai gain diperoleh efektifitas media yang dikembangkan tergolong dalam kriteria tinggi. Selain itu hasil angket tanggapan siswa diperoleh kriteria sangat positif sebesar 94,11%.


Kata Kunci:  Media pembelajaran, video youtube, validitas, efektifitas, nailart


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##