Abstract

Berdasarkan data-data tentang tingkat korupsi di Indonesia, persoalan korupsi menjadi permasalahan besar yang harus diselesaikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui pendidikan karakter. Ada salah satu nilai yang paling penting untuk membangun karakter anti korupsi yaitu nilai kejujuran. Penanaman pondasi karakter kejujuran harus ditanamkan sejak usia dini. Salah satu media yang tepat digunakan dalam implementasi pendidikan membangun karakter kejujuran adalah melalui metode bermain. Permainan yang bisa digunakan adalah permainan tradisional anak yang sudah cukup lama berkembang di negeri ini yang sarat dengan nilai budaya bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan tradisional efektif atau tidak untuk membangun pemahaman karakter pada anak usia dini di kota pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah bentuk pre test and post test control group design. Populasi dalam penelitian yaitu lembaga dari satu yayasan, berusia 5-6 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, terambil dua sampel yaitu TK Pertiwi 03 Pati sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 17 anak dan TK Pertiwi 01 Pati sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 17 anak. Analisis perhitungan t test posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol menghasilkan nilai thitung sebesar 3,489 >  ttabel sebesar 2,120. Nilai sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,01 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata atau Mean nilai posttest meningkat dari 40.1176 menjadi 46.0588. Hasil penelitian menunjukkan bah wa terdapat perbedaan pemahaman karakter kejujuran pada pretest dan posttest kelompok eksperimen, serta tidak ada perbedaan pemahaman karakter kejujuran pada pretest dan posttest pada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa permainan tradisional efektif digunakan untuk membangun pemahaman karakter kejujuran pada anak usia dini. Penelitian ini telah dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian, namun masih terdapat keterbatasan dalam pelaksanaannya. Keterbatasan waktu dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan tes cerita untuk mengetahui karakter kejujuran anak berdasarkan dari jawaban anak, bukan perilaku mereka, alangkah lebih baiknya apabila penelitian ini juga menggunakan metode observasi.  Keterbatasan lahan yang ada di sekolah, Lahan yang luas dapat membuat permainan tradisional lebih maksimal untuk dimainkan.

 

___________________________________________________________________

Based on the data about the level of corruption case in Indonesia, the problem of corruption become the big problem which has to be solved. One of the alternative way is through the education. There is one value that is important to build the anti-corruption character, it is the honesty value. The honesty value must be taught to the children since early. One of the media that can be used to implement the character education is through the method of children games. One of the games which can be used is traditional game which has developed in this country full of the country’s culture. The aim of this research was to know whether the traditional game was effective or not to develop the children’s character in region of Pati. This research used experimental method, pretest and posttest control group design. The population was the institution of one foundation which aged 5-6. The sample was taken from the random sampling technique. The first sample as the experimental group from TK Pertiwi 03 with 17 students. The second sample as the control group from TK Pertiwi 01 with 17 student. The analysis of t-test in posttest between the experimental group and control group, the result showed that t-count was 3.4897> t-table was 2.120. the score of sig (2-tailed) < 0.05, meant 0.01<0.05. It showed that Ho was rejected and Ha was accepted. The mean of posttest score improved from 40.1176 became 46.0588. The finding of the research showed that there was the difference understanding of honesty character between pretest and posttest result of experimental group, and there was not difference understanding of honesty character between pretest and posttest result of control group. It showed that the traditional game was effective to build the understanding of honesty character to the early childhood. This research was conducted based on the procedure of research, although there was limitation of the research. The limitation of time in the research. This research use the story test to know the honesty character of the children based on their answers, not from their behavior. It had better if this research also used the observation method. The limitation of the school yard, the wider school yard could make the traditional game effective to be played.