Abstract

Kecerdasan verbal-linguistik merupakan kecerdasan dalam menggunakan bahasa dan kata-kata, baik secara lisan maupun tulisan. Anak-anak dengan kecerdasan jenis ini memiliki kemampuan menyimak yang sangat baik dan merupakan orang-orang yang pandai berbicara dengan tepat.Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkankan  kecerdasan verbal-linguistik anak usia dini  adalah melalui pop-up book. Media pop-up book berbasis tematik adalah buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau berunsur 3 dimensi, serta memberikan visualisasi lebih menarik berdasarkan tema-tema tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan verbal- linguistik anak usia 4-5 tahun melalui pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif Quasi Eksperiment dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina se-kebupaten Temanggung. Sampel penelitian berjumlah 60 anak dengan 30 anak sebagai kelompok kontrol dan 30 anak sebagai kelompok eksperimen,serta menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t independent pretest kelompok eksperimen dan kontrol adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan karena memiliki nilai thitung = - 0,237 dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05. Artinya, kecerdasan verbal-linguistik pada anak sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan media pop-up book adalah sama. Setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen terdapat peningkatan pada kecerdasan verbal-linguistik anak, terlihat dari mean (rata-rata) pada kelompok eksperimen sebesar 67,52 dan kelompok kontrol sebesar 50,72. Hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa skor yang didapat kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol dengan selisih sebesar 16,8 serta nilai thitung pada posttest sebesar 8,112 dengan Sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05 yang menandakan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media pop-up book berbasis tematik terhadap kecerdasan verbal-linguistik anak, yang dapat dilihat dari adanya perbedaan perolehan skor posttest pada kelompok eksperimen dengan perolehan skor posttest pada kelompok kontrol. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pop-up book memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecerdasan verbal-linguistik pada anak usia 4-5 tahun setelah diberikan perlakuan dengan pop-up book. Guru disarankan untuk menggunakan media pop-up book dalam meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik pada anak usia 4-5 tahun.

Verbal-linguistic intelligence is intelligence in the use of language and words, either verbally or writing.Wit having children with this kind of capability is very good, and to those who could speak well. One of the media can use to increase verbal-linguistic intelligence to children is pop-up book media. The pop-up book on thematic is a book that has a movable or has as an element three dimensions, and deliver stunning more interesting based on certain themes.The increase aims to know intelligent verbal- linguistic children aged 4-5 years by using media pop-up book besed on thematic. The approach is applicable in the quantitative by Quasi Eksperiment form Nonequivalent Control Group Design. The research is children aged 4-5 years at Pembina Kindergarten Temanggung. The sample of the research were 60 children with 30 children as the control group and 30 children as the experiment group, and use purposive sampling.  The results of the study there is an increase in children's verbal-linguistic intelligence, the result of t independent pretest, in experiment and control group is have no difference that significant because have point t computing  = - 0,237 by level significant less than 0,05. Its mean, verbal-linguistic intelligence on child before given by conduct by use of pop-up book media are same. After been given conduct on agglomerate experiment was gotten by step-up on child’s verbal-linguistic intelligence, visually of mean on experiment group as big as 67,52 and agglomerate controls as big as 50,72.  Result average that points out that score that gotten by better experiment group of agglomerate control with difference as big as 16,8 and point t computing  on posttest as big as 8,112 by Sig. (2 tailed)  0,00< 0,05, which indicates H 1 is accepted that there is a significant influence in the pop-up book media on thematic says at the beginning verbal-linguistic intelligence as seen from the absence of a significant difference between the acquisition of test scores in the experimental group with the acquisition of test scores in the control group. It is clear that an increase in the verbal-linguistic intelligence after treatment in children. Based on the above description, it can be concluded that the pop-up book provide a significant improvement in the verbal-linguistic intelligence in children aged 4-5 years after treatment with a given pop-up book media. Teachers are advised to use the pop-up book media to improve the verbal-linguistic intelligence in children aged 4-5 years.