PENGARUH BERMAIN KOTAK KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Bermain pada anak usia 5-6 tahun penting untuk perkembangan anak. Bermain sebagai sarana untuk mengenalkan anak pada hal baru khususnya huruf dan kata dengan menggunakan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menulis awal. Selain itu, kartu kata dapat mengasah kemampuan membaca anak, mengasah daya ingat, mengenal warna-warna, menambah perbendaharaan kosakata. Kartu kata merupakan media sederhana yang dimainkan dengan mengenalkan simbol huruf pada anak terlebih dahulu kemudian anak diminta untuk menunjukkan atau menuliskan huruf yang sesuai dengan huruf yang diucapkan peneliti, setelah mengenal huruf anak diminta untuk menuliskan kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis awal pada anak usia 5-6 tahun setelah diberi perlakuan menggunakan kartu kata. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis awal pada anak usia 5-6 tahun setelah diberi perlakuan menggunakan kartu kata. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, terambil sampel yaitu, TK Pertiwi 23 kelompok TK B sebanyak 30 anak dan TK Pertiwi 31 kelompok TK B sebanyak 30 anak. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada kemampuan menulis awal anak, terlihat dari hasil skor posttest tertinggi pada kelompok eksperimen sebesar 61 dan skor terendah 53 lebih baik dari skor tertinggi posttest kelompok kontrol sebesar 56 dan skor terendah 49 serta nilai sign.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang menandakan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dalam bermain kotak kartu kata pada kemampuan menulis awal yang dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara perolehan skor tes pada kelompok eksperimen dengan perolehan skor tes pada kelompok kontrol. Hal tersebut menjelaskan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis awal setelah diberikan perlakuan pada anak. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kartu kata memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis awal pada anak usia 5-6 tahun setelah diberikan perlakuan dengan kartu kata. Guru disarankan untuk menggunakan kartu kata dalam meningkatkan kemampuan menulis awal pada anak usia 5-6 tahun.
Playing in children aged 5-6 years is important for child development. Playing as a means to introduce children to new things, especially letters and words using the word cards to improve writing skills early. Moreover, word cards can hone reading skills of children, sharpening memory, getting to know the colors, adding vocabulary vocabulary. Media card is a simple word that is played with the introduction of the letter symbols on the child first and then the children were asked to show or write letters that correspond to the letters spoken researchers, recognize letters after the child was asked to write the word. The problems of this research is how the early writing skill improvement in children aged 5-6 years after being treated using the word cards. The purpose of this study was to determine the increase in early writing skills in children aged 5-6 years after being treated using the word cards. The study population was all kindergartens in villages Plalangan, Gunungpati that writing skills are still lacking.Sampling using cluster sampling, the sample is drawn, TK TK Pertiwi 23 group B as many as 30 children and TK TK Pertiwi 31 group B as many as 30 children. The results of the study there is an increase in children's early writing skills, and results from the posttest scores highest in the experimental group was 61 and the lowest score of 53 is better than the highest score posttest control group was 56 and the lowest score of 49 and the value of sign. (2-tailed) = 0.000 <0.05, which indicates H 1 is accepted that there is a significant influence in the playing card box says at the beginning writing skills as seen from the absence of a significant difference between the acquisition of test scores in the experimental group with the acquisition of test scores in the control group. It is clear that an increase in the ability to write given early after treatment in children. Based on the above description, it can be concluded that the word cards provide a significant improvement in the ability to write early in children aged 5-6 years after treatment with a given word cards. Teachers are advised to use the word cards in improving writing skills early in children aged 5-6 years.