Abstract

Penelitian ini terfokus pada kondisi serta proses manajemen sarana dan prasarana dalam mewujudkan visi misi di PAUD SIKK. Penelitin ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terkait kondisi sarana dan prasarana terdapat empat sarana prasarana dengan kondisi baik yaitu ruang pendidik, halaman main, Alat Permainan Edukatif (APE), serta tempat sampah yang tertutup. Selain daripada itu, PAUD SIKK masih sangat memerlukan sarana dan prasarana agar sesuai dengan pedoman standar sarana dan prasarana untuk jenjang pendidikan prasekolah. Tersedianya sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar dapat membantu mewujudkan visi dan misi yang menjadi arah tujuan pendidikan.


Penelitian ini juga membahas terkait manajemen sarana dan prasarana dalam mewujudkan visi misi PAUD SIKK. Keseluruhan proses manajemen sarana dan prasarana belum dilakukan dengan baik. Proses manajemen baru melaksanakan langkah perencanaan, pengadaan, serta penyimpanan. Manajemen sarana dan prasarana tentunya harus berpedoman pada standar pengelolaan sarana dan prasaran. Proses pengelolaan yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dan tentunya visi misi sekolah dapat tercapai dengan mudah.