Abstract

Sistem pembelajaran online merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan internet dalam proses pembelajarannya. Penerapan sistem pembelajaran online ini sendiri merupakan proses untuk mempraktekkan model pembelajaran dari sistem pembelajaran online yang sedang digunakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara  sistem pembelajaran online dengan perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini di KB-TK Islam Al Azhar 29 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 38 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala sistem pembelajaran online dan skala perkembangan aspek sosial emosional anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sistem pembelajaran online dengan perkembangan aspek sosial emosional anak. Semakin baik dan maksimal pelaksanaan dalam proses penerapan sistem pembelajaran online yang diterapkan dalam berbagai bentuk kegiatan, maka akan semakin baik pula perkembangan aspek sosial emosional anak.